indoposnews.co.id – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan strategis mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebagai bentuk dukungan kepada UMKM, sekaligus mendorong pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), APRIL Group, dan Krealogi berkolaborasi meningkatkan kapasitas UMKM Provinsi Riau.
Kolaborasi itu terbentuk melalui serangkaian inisiatif pengembangan ekonomi bagi 30 UMKM lokal dalam program Semarak. Dengan program itu, diharap lebih meningkatkan daya saing UMKM untuk terus menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Baca juga: Selamatkan Uang Negara, KPK Garap Investasi Telkom di GOTO
Sejak 24 Maret 2022, sejumlah UMKM tercatat telah mendapat dampak positif dari inisiatif Semara. Salah satunya peningkatan pendapatan per bulan hingga 40 persen, dengan optimalisasi channel penjualan melalui e-commerce. ”Perkembangan positif program Semarak tidak hanya pada peningkatan pendapatan UMKM, namun juga literasi digital dalam memanfaatkan e-commerce sebagai channel bisnis, dan pengembangan bisnis lebih berkelanjutan,” tutur Hanna Keraf, Direktur Komunitas dan Kemitraan Krealogi oleh Du Anyam, di Jakarta (28/11).
Kolaborasi dengan APRIL Group merupakan bukti nyata kemitraan solid untuk pengembangan ekonomi lokal melalui industri kecil menengah. ”Itu komitmen kami sebagai pahlawan digital UMKM Kementerian Koperasi dan UMKM dalam mendigitalisasi UMKM daerah. Kami bangga melihat kemampuan UMKM menjadi produk secara lokal daerah masing-masing, marketplace, whatsapp business maupun melakukan pencatatan secara digital,” imbuh Hanna.
Baca juga: Terseret Kasus Jiwasraya! Kejagung Sikat 296,02 Juta Saham BTEK, dan ARMY
Program pendampingan Semarak diberikan kepada 30 pelaku usaha mikro. Dan, 80 persen peserta merupakan perempuan dari empat kabupaten area wilayah kerja APRIL Group di Riau. Yaitu Pelalawan, Kuantan Singingi, Siak, dan Kepulauan Meranti. Dampak positif itu, tentu merupakan hasil berbagai kegiatan telah dilalui para peserta dalam program pelatihan Semarak.
Misalnya, pelatihan 23 modul dasar manajemen usaha, dengan materi penentuan harga pokok produksi, perencanaan produksi, pencatatan usaha digital, e-commerce, pengiriman produk, dan lain-lain. Konsultasi usaha intensif mengupas tuntas permasalahan bisnis dihadapi, seperti perbaikan logo, perbaikan kemasan, pembuatan SOP, pencatatan keuangan, pembuatan katalog produk, dan pembuatan QRIS.
Baca juga: Respons Investor Asing Luar Biasa, BTN Makin Percaya Diri Jelang Right Issue
Sebanyak dua UMKM terpilih mendapat pendampingan inovasi produk baru, dan pemasaran langsung oleh tim konsultasi pemasaran, dan desain Krealogi. Program pelatihan Semarak telah mencapai dampak positif, dan capaian utama sebagai berikut peningkatan pendapatan per bulan peserta pelatihan sekitar 40 persen.
Lalu, 63 persen peserta telah onboard e-commerce, dan 30 persen di antaranya mendapat pembelian pertama dari e-commerce. Peningkatan pengetahuan usaha peserta pelatihan 46 persen, dan peningkatan motivasi usaha 70 persen, rata-rata peningkatan literasi digital peserta pelatihan 91 persen melalui penggunaan WhatsApp Business, QRIS, Facebook page, google form untuk survei pelanggan, Zoom, dan aplikasi pencatatan usaha digital, dan 100 persen peserta mendapat pembaruan logo/katalog/kemasan.
Baca juga: Wujudkan Transformasi Digital, 83 Persen Pengembang Layanan Keuangan Tertekan
Trisna Warda Ningsih, pelaku UMKM Kabupaten Pelalawan, Riau, mengaku sangat terbantu dengan pelatihan dan pendampingan yang diberikan Krealogi. ”Setelah saya mengikuti pelatihan ini, saya bisa lebih me-manage keuangan, dan usaha dengan baik. Pelatihan ini sangat membantu dalam memajukan usaha saya,” aku pemilik usaha Dua Bersaudara tersebut.
Kini, UMKM Dua Bersaudara bergerak dalam penjualan kuliner telah berhasil membukukan peningkatan pendapatan 86 persen berkat berbagai kegiatan dalam program pelatihan Semarak. Kerja sama Krealogi dan APRIL Group, lewat unit operasional PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) didasari kesamaan visi untuk mendukung pengembangan UMKM Indonesia.
Baca juga: Private Placement, Usaha Tambang Keluarga Bakrie Sulap Utang Jadi Saham Rp2,19 Triliun
Sebagai produsen serat, pulp dan kertas berkelanjutan, APRIL memiliki komitmen APRIL 2030. Salah satu pilarnya mencapai Kemajuan inklusif untuk masyarakat sekitar wilayah operasional. Salah satu target pilar kemajuan inklusif yakni menghapus kemiskinan ekstrem dari radius 50 km wilayah operasional perusahaan penghasil kertas PaperOne tersebut.
Inisiatif Semarak dapat menjadi salah satu pendukung untuk mencapai target dengan meningkatkan pendapatan UMKM, dan mendorong model bisnis lebih berkelanjutan. Sejauh ini, melalui tim community development PT RAPP, telah membantu mendirikan usaha untuk UMKM terutama bidang sejalan kebutuhan perusahaan seperti penyedia tenaga kerja dan transportasi.
Baca juga: Jadi Korban PHK Massal, Ini Rincian Kompensasi Pekerja GoTo
RAPP juga telah membantu lebih dari 180 pengusaha lokal dalam menyediakan ribuan lapangan pekerjaan berbagai bidang seperti bengkel otomotif hingga catering. Penutupan program Semarak telah berlangsung pada 28 November 2022 dilaksanakan secara daring. Penutupan itu, dihadiri para peserta, fasilitator lapangan Krealogi, dan perwakilan APRIL. Acara pembukaan diawali dengan sambutan oleh Sihol Aritonang, Direktur Utama RAPP, unit operasional APRIL Group.
”Guna menjalankan komitmen inclusive progress APRIL2030, kami menyambut baik kolaborasi dengan Krealogi. Upaya mendongkrak kualitas desain produk UMKM menghubungkan dengan digital market places berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat, dan menciptakan lapangan kerja. Dengan begitu, menyumbang pada penanggulangan kemiskinan sekitar wilayah operasional APRIL,” tegas Sihol Aritonang.
Baca juga: Melejit 22,3 Persen, Catur Sentosa Catat Laba Bersih Rp167 Miliar
Hasto Teguh Kuncoro, Community Development Head PT RAPP, menambahkan tidak kalah penting terus mendorong partisipasi para perempuan pelaku UMKM. ”Partnership hal penting dalam berkolaborasi. Oleh karena itu, mari bersama-sama melakukan, ‘Let’s do Du Anyam’. Mulai menganyam semangat hingga potensi bersama. Bagi APRIL Group, mendorong partisipasi perempuan itu penting karena ibu-ibu dan teman-teman perempuan sangat mendorong kehidupan keluarga, dan masyarakat sekitar kita. Kami berharap pertemanan, dan mitra kita tidak hanya selesai ketika kontrak berakhir, akan tetapi melewati isi di atas kertas dengan tetap berhubungan baik,” harapnya. (abg)