indoposnews.co.id – Industri kecantikan di Indonesia berkembang pesat. Mengalami akselerasi pertumbuhan sangat signifikan. Berdasar data Nielsen and Euromonitor, pada 2017 penjualan melesat 11,99 persen di Indonesia. Berkontribusi senilai Rp19 triliun atau USD1,4 miliar.
Angka itu, jauh melampaui rata-rata pertumbuhan sektor kosmetik enam tahun terakhir, yaitu 10 persen. Selain itu, periode 2013-2017, ekspor produk kosmetik rata-rata tumbuh 3,56 persen. Bahkan, pada September 2017, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melaporkan total produk kosmetik terdaftar, dan dijual secara resmi di Indonesia 33.823 produk, meningkat 11,57 persen dibanding periode sama tahun 2016. Pangsa pasar Indonesia untuk industri kosmetik pada 2017 tercatat Rp46,4 triliun atau setara USD3,3 miliar. Meroket 28,88 persen dari episode 2016 di kisaran Rp36 triliun atau setara USD2,6 miliar. Dan, industri kecantikan diproyeksi tumbuh 7,2 persen atau Rp77,3 triliun per tahun.
Baca juga: Waw, Blibli Akuisisi Supra Boga Rp2,03 Triliun
Berbasis data dan fakta itu, sebagai pionir agensi dan maklon kosmetik, Vendor Beauty Club (VBC), melihat ceruk pasar industri kosmetik domestik sangat luar biasa. VBC dengan fokus beauty lokal, menilai pertumbuhan industri kecantikan indonesia sangat potensial. ”Kami berusaha memaksimalkan peran, dan mendorong kemunculan kosmetik nasional mengambil peluang tersebut. Apalagi, pasar kosmetik telah menjadi fitur keseharian gaya hidup modern individu,” tutur Nuza Abramska, Founder sekaligus CEO VBC, di Jakarta, belum lama ini.
Selain itu, kesadaran soal kecantikan eksternal, dan kecerdasan internal individu telah menjadi salah satu faktor pendorong utama penggunaan kosmetik makin tumbuh. VBC tidak hanya membuat konsumen lebih tertarik dengan produk klien, namun juga mencoba menawarkan, dan menjadi solusi praktis. Mampu menghemat lebih banyak waktu, dan modal. ”Dan, cara kami terbukti ampuh. Sejumlah brand yang kami bantu kembangkan menuai sukses besar,” beber Azka, sapaan akrab Nuza Abramska.
Baca juga: Direksi M Cash Integrasi Borong Saham MCAS Rp1,99 Miliar
VBC mengusung visi dan misi hadir untuk membantu para klien merealisasikan brand kecantikan atau kosmetik impian. Selama kurang lebih 2 tahun, VBC telah bekerja sama, dan membantu lebih dari 50 brand kosmetik di Indonesia mengembangkan bisnis. Mulai penentuan formulasi, produksi di pabrik, marketing promosi, dan branding.
VBC diperkuat tim profesional. Berpengalaman di bidangnya masing-masing. Setiap eksekusi pekerjaan dilakukan dengan fokus pada kepuasan klien. Identitas masing-masing brand yang berkualitas, unik, dan istimewa. Oleh karena itu, tanpa ragu, setahun ke depan, pertumbuhan pemasaran VBC dipatok 1-2 persen dibanding tahun sebelumnya. Proyeksi itu, selaras dengan tren masyarakat Indonesia mulai menjadikan produk kecantikan sebagai kebutuhan pokok. ”Menyusul perubahan gaya hidup seperti itu, tentu saya berharap pertumbuhan pasar kosmetik di Indonesia juga makin tinggi,” harap Azka.
Baca juga: Pelototi Akuisisi Oneject, BEI Interogasi Itama Ranoraya
VBC mengutamakan keinginan klien, dan konsumen. Baik dari formulasi, jenis produk, dan branding. Seluruh elemen itu, dikerjakan oleh orang-orang profesional di bidangnya masing-masing. Seluruh ide dilakukan tim berorientasi pada hasil terbaik dan target yang ingin dicapai masing-masing klien. VBC melakukan pendekatan secara menyeluruh kala bekerja dengan setiap klien. Artinya, berkomitmen membantu klien mengerjakan seluruh proses dari A hingga Z.
VBC menyuguhkan sejumlah layanan. Antara lain pendaftaran brand, pengembangan formula, pengembangan produk, pengemasan, pendaftaran produk, produksi barang, pengujian produk, warehouse, pengiriman dan distribusi, banding, dan konsultasi. Kapabilitas produk meliputi skin care, personal care, fragrance, beauty vitamin, decorative, hair care, dan spa product.
Baca juga: Ini Penyebab Laba Bersih PGN Meroket 2.823 Persen Jadi USD196,51 Juta
Sekadar informasi, VBC berkomitmen menemani perjalanan brand kecantikan lokal Indonesia dari A-Z. Berbekal tim profesional, VBC siap membantu dari tahap awal pembuatan konsep produk, produksi sampel, pembuatan produk secara massal hingga tahap penyimpanan stok barang dan pemasaran. Selain itu, VBC juga berkomitmen menghadirkan produk kosmetik lokal berkelas, dan elegan dengan tujuan memajukan brand kecantikan Indonesia. Sebagai cosmetic beauty agency terkemuka Indonesia, VBC berkomitmen membantu merintis bisnis hingga sukses bermetamorfosis menjadi brand kosmetik terdepan. (abg)