Indoposonline.net – PT Bank BTPN (BTPN) melalui digital payment Jenius meluncurkan program #LakukanDenganCaramu. Melalui program itu, Jenius mengapresiasi cara unik masyarakat beradaptasi menjalani hidup dengan cara-cara baru, dan mengelola keuangan selama pandemi telah berlangsung lebih dari satu tahun.
Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, menjelaskan latar program #LakukanDenganCaramu. “Selama lebih dari satu tahun, kita beradaptasi dengan mengubah cara melakukan banyak hal. Mulai cara bekerja, belajar, bersosialisasi, bersenang-senang, sampai cara mengelola keuangan. Jenius hadir mendukung masyarakat digital savvy untuk terus maju, berkembang, dan beradaptasi, lewat beragam inovasi membantu para pengguna mencapai tujuan finansialnya masing-masing,” tutur Waasi.
Baca juga: IHSG Ambles 0,55 Persen, Asing Banyak Lepas Saham Ini
Berdasar Jenius Study bertajuk Adaptasi Masyarakat Digital Savvy Selama Pandemi melibatkan 527 responden berusia 26-40 tahun, terungkap lima cara mereka lakukan beradaptasi dengan keadaan baru dan membuat tetap bahagia berpikir positif 17 persen, bersyukur 14 persen, menonton 13 persen, bermain games 10 persen, dan menekuni hobi 10 persen. Mereka juga memiliki resolusi tahun ini menjaga kesehatan mental 58 persen, belajar skill baru 56 persen, memulai atau mengembangkan usaha 51 persen, menikah 23 persen, dan renovasi atau mendekor ulang tempat tinggal 23 persen.
Berdasar Jenius Study untuk mengetahui kondisi finansial masyarakat digital savvy melibatkan 567 responden usia 26-40 tahun, terlihat perubahan pada cara bertransaksi. Sebelum pandemi, penggunaan digital banking 71 persen, dan ATM 45 persen. Namun, selama pandemi terjadi peningkatan mobile banking menjadi 83 persen, dan penurunan pada ATM menjadi 34 persen. Masyarakat digital savvy juga mengaku banyak menunda atau membatalkan rencana 82 persen. Antara lain liburan 85 persen, investasi 26 persen, membeli properti 21 persen, membeli kendaraan 16 persen, dan melanjutkan pendidikan 15 persen.
Baca juga: Perkuat Literasi, Bank Jago Kenalkan Aplikasi Keuangan Simpel
Mereka menyatakan memilih mengubah alokasi dana menjadi tabungan 38 persen, investasi 24 persen, kebutuhan sehari-hari 14 persen, deposito 9 persen, dan produk kesehatan 3 persen. Tujuan finansial tahun ini kondisi keuangan stabil 80 persen, lebih banyak menabung 68 persen, investasi 54 persen, menyiapkan dana darurat 44 persen, dan memiliki aset 44 persen. ”Melalui sederet fitur inovatif dan kelas-kelas melalui platform Jenius Co.Create, Jenius percaya kolaborasi bersama masyarakat digital savvy menjadi cara paling sesuai agar dapat terus beradaptasi dan berkembang di tengah kondisi menantang ini,” jelas Waasi.
Program #LakukanDenganCaramu memiliki tiga pilar yaitu #adajenius, #carajenius, dan #barengjenius. Melalui #adajenius, Jenius memperkenalkan berbagai pilihan fitur dapat mendukung pengguna menghadapi kehidupan terus berubah dan tidak terduga. Fitur ini menyesuaikan kebutuhan dan dapat digunakan dengan cara mereka sendiri. Misalnya, membantu pengguna bertransaksi lebih aman secara nontunai, #adajenius dengan Jenius QR dan Jenius Pay.
Baca juga: Asyiiiik, Ramayana Hamburkan Duit Rp350 Miliar
Melalui pilar #carajenius, Jenius mengapresiasi perbedaan cara setiap pengguna Jenius dalam menjalani hidup dan menggunakan fitur Jenius untuk mengelola keuangan. Jenius memahami setiap orang punya cara berbeda dalam mengelola keuangan. Untuk kebutuhan personal, mereka memiliki cara sendiri dalam mengulik fitur-fitur di Jenius sesuai dengan kondisi finansial mereka. Selain itu, ada juga pengguna memanfaatkan akun bisnis demi mendukung usahanya di masa pandemi.
Jenius hadir menemani setiap langkah masyarakat digital savvy untuk berkembang bersama menciptakan solusi life finance yang semakin lengkap. Oleh karena itu, melalui #barengjenius, Jenius mengajak pengguna untuk bersama-sama belajar hal baru, beradaptasi, berinovasi, berkokreasi, dan saling berbagi solusi melalui Jenius Co.Create. Beragam kelas & workshop dengan berbagai topik tentang finansial, teknologi, dan kreativitas dapat diikuti melalui https://www.cocreate.id/.
Baca juga: Optimistis Ekonomi Tumbuh 7 Persen, Erick Thohir Bilang Begini
”Sesuai semangat kokreasi dan kolaborasi yang kami usung sejak awal, kami mendengarkan dan menerima banyak cerita inspiratif dari teman Jenius tentang bagaimana mereka beradaptasi. Melalui program #LakukanDenganCaramu, kami ingin menjangkau lebih banyak digital savvy untuk bersama-sama bertumbuh dan saling menginspirasi dalam kondisi saat ini”, tutup Waasi. (abg)