indoposnews.co.id – Aneka Tambang (ANTM) sepanjang 2023 mematok penjualan emas 31.176 kilogram (kg). Melejit 11 persen dari target penjualan emas tahun lalu sebesar 28.011 kg. Proyeksi itu, seiring outlook pertumbuhan tingkat permintaan emas dalam negeri.
Selain itu, Antam menarget produksi emas dari tambang emas Pongkor 1.167 kg, meningkat 28 persen dari target produksi emas tahun lalu sebesar 911 kg. Selanjutnya, target produksi logam perak 7.536 kg, meningkat 13 persen dari target produksi perak tahun lalu 6.643 kg.
Baca juga: Telisik Manuver Aneka Tambang Pisahkan Segmen Nikel Rp9,8 Triliun
Sedang target penjualan perak mencapai 9.810 kg, meningkat 14 persen dari target penjualan perak tahun lalu 8.643 kg. Kalau dibanding target 2022, produksi emas unaudited Antam pada 2022 mencapai 139 persen, dan penjualan emas unaudited mencapai 125 persen dari target. Sedang produksi perak unaudited 2022 mencapai 123 persen, dan penjualan perak unaudited mencapai 133 persen dari target 2022.
Sepanjang 2022, Antam mencatat total volume produksi unaudited emas dari tambang perusahaan 1.268 kg. Lalu, volume penjualan unaudited emas tercatat 34.967 kg, tumbuh 19 persen dibanding penjualan pada 2021 sebesar 29.385 kg.
Baca juga: Fokus Eksplorasi Emas, Aneka Tambang Bakar Duit Rp38,90 Miliar
Total volume produksi unaudited perak dari tambang perusahaan 8.203 kg, dengan volume penjualan unaudited perak tercatat 11.470 kg, tumbuh 15 persen dibanding capaian penjualan pada 2021 sebesar 9.971 kg.
Nah, untuk meningkatkan nilai tambah produk emas logam mulia, pada Oktober 2022, Antam melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia meluncurkan produk perhiasan, dan emas batangan Batik Indonesia Seri III dengan empat motif batik warisan budaya nusantara Indonesia.
Baca juga: Optimistis Kinerja Moncer, Aneka Tambang Fokus Efisiensi
Empat motif batik itu antara lain Batik Bokor Kencono, Batik Huk, Batik Srimanganti, dan Batik Mahkota Siger. Selain dikemas berbentuk emas batangan, keempat motif batik ini juga hadir dalam bentuk emas batik perhiasan berupa liontin.
Selanjutnya, pada Januari 2023, Antam melalui UBPP Logam Mulia memperkenalkan emas batangan tematik seri Imlek tahun 2023 Masehi atau 2574 Kongzili dengan desain tiga dimensi (3D) pertama di Indonesia. Shio Kelinci dengan elemen air menjadi identitas penting perayaan Imlek 2023. Di mana, menjadi pionir produk emas tiga dimensi di Indonesia. Produk emas batangan tematik Imlek 2023 tiga dimensi dibuat menggunakan teknologi modern. Emas batangan Imlek 2023 juga dilengkapi fitur keamanan, dan estetika menjadi keunggulan produk. Di antaranya microtext, QR code, dan rainbow effect pada permukaan produk.
Baca juga: Melesat 31,49 Persen, Aneka Tambang Koleksi Laba Rp1,52 Triliun
Antam melalui UBPP Logam Mulia merupakan satu-satunya pemurnian emas Indonesia dengan akreditasi Good Delivery List Refiner di London Bullion Market Association (LBMA). Sejalan dengan komitmen Antam untuk memberi layanan penjualan emas prima, selain melakukan penjualan melalui jaringan Butik Emas Logam Mulia, atau kegiatan pameran, perusahaan menerapkan mekanisme penjualan emas secara online melalui www.logammulia.com, platform marketplace Butik Emas ANTAM Official di Tokopedia, Shopee, dan TikTok Shop. (abg)