Indoposonline.NET – PT Catur Sentosa Adiprana (CSAP) merambah Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Itu ditunjukkan dengan pengoperasian Mitra10. Langkah itu, sebagai upaya memenuhi target 42 jaringan Mitra10 kota-kota besar seluruh Indonesia sepanjang tahun ini.
Mitra10 Banjarmasin, merupakan superstore Mitra10 ke-39 Indonesia sekaligus pertama berlokasi di Kalsel. Pemilihan Kota Banjarmasin tidak lepas dari potensi kota sebagai pusat perekonomian Kalsel. ”Rencana perpindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur (Kaltim) juga merupakan katalis pertumbuhan untuk kota-kota besar Kalimantan,” tutur Sekretaris Perusahaan PT Catur Sentosa Adiprana Idrus Widjajakusuma, Jumat (10/6).
Baca Juga: Debt Equity Swab, Jalan Pintas Garuda Indonesia Bebas Jeratan Utang
Prospek industri ritel bahan bangunan diyakini akan terus tumbuh secara berkelanjutan. Itu mengingat erat dengan salah-satu kebutuhan pokok yakni papan atau hunian. Terlebih, target pasar utama Mitra10 adalah end user atau para pemilik hunian yang ingin merenovasi atau membangun hunian idaman.
Saat ini, Mitra10 telah beroperasi di kota-kota besar Indonesia. Misalnya, Jabotabek, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Makassar, Balikpapan, dan Banjarmasin.
Baca Juga: Produksi MacBook Pro 14-16 Inci Tersendat, Ini Pemicunya
Tahun ini, Catur Sentosa mematok pembukaan empat superstore baru Mitra10, dan merelokasi satu Mitra10 di Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat (Jabar). Kota sebagai sasaran ekspansi Banjarmasin Kalsel, Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), Tegal, dan Semarang, Jawa Tengah (Jateng).
Mengenai target pengembangan jaringan Mitra10, perseroan menarget memiliki 50 gerai edisi 2022-2023. Jadi, pada akhir 2021 mendatang, Mitra10 akan memiliki 42 jaringan toko seluruh Indonesia. Delapan toko baru akan dirampungkan pada tahun-tahun selanjutnya yang sempat tertunda karena isu pandemi.
Baca juga: Keren, 11 Tahun Tanpa Jeda Mansek Sabet Best Investment Bank in Indonesia
Untuk mendukung rencana itu, Catur Sentosa tahun ini telah menyiapkan belanja modal alias capital expenditure (Capex) Rp500 miliar. Di mana, 80 persen dialokasikan untuk membiayai ekspansi ritel modern Mitra10, dan Atria. Tahun ini, perseroan mematok pertumbuhan konsolidasi kurang lebih 10 persen, dan segmen retail ditarget tumbuh 15 persen. (abg)