Indoposonline.NET – PT Kioson Komersial Indonesia (KIOS) meluncurkan layanan iklan digital. Itu dilakukan untuk melengkapi ekosistem digital. Tindakan itu dilakukan bersama PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), dan PT Solusi Sinergi Digital (WIFI).
Kolaborasi itu, merupakan bagian dari upaya membangun ekosistem digital terintegrasi di Indonesia. Saat ini, ekosistem Kioson terdiri dari penyebaran gudang di banyak lokasi, warung kelontong, marketplace, seller online, dan masih banyak lagi, hingga kini semakin banyak digunakan masyarakat Indonesia. ”Kehadiran layanan iklan digital itu, membuat misi Kioson dalam menciptakan ekosistem digital berbasis gudang akan semakin terasa lengkap, dan berdampak nyata,” tutur Reginald Trisna, Direktur Utama Kioson, Kamis (5/8).
Baca juga: Modal Minimum Tekor, OJK SP3 Intan Baruprana
Sementara itu, Telkomsel baru saja merilis logo dan slogan baru Peluang, membuka semua peluang kerja sama dengan seluruh pihak dalam menciptakan digital ekosistem terintegrasi. ”Kioson akan menjadi Mitra penjualan produk digital Telkomsel seperti Location Base advertising (LBA), SMS masking, Games, dan Video Streaming di e-Cosystem Kioson. Misalnya, warung, Online seller, Market place, dan lainnya,” tegas Vice President Consumer Sales Area Sumatra Telkomsel, Erwin Tanjung.
Sedang Solusi Sinergi (Surge) sebagai perusahaan infrastruktur, aplikasi, dan periklanan digital, akan membantu menghadirkan iklan digital bagi Kioson. ”Terutama pada area umum seperti kereta api, pasar, hingga puskesmas,” ucap Hermansjah Haryono President Director Solusi Sinergi Digital (WIFI).
Baca juga: Wall Street Memburuk, IHSG Orbit Zona Hijua
Sebelumnya, Kioson juga telah meluncurkan layanan berbasis gudang lain. Yaitu GudangPintar.id berperan sebagai Fulfillment Center, dan Retail Kita berfungsi sebagai Digital Distribution Hub. GudangPintar.id akan menjadi solusi logistik bagi seller berjualan secara Online, Brand, dan Market place, agar bisa cepat, dan menghemat waktu memenuhi kebutuhan order kepada para pelanggan.
Dengan demikian, Mitra Kioson juga dapat menghemat waktu dan tenaga sehingga bisa lebih fokus pada kegiatan marketing maupun pengembangan bisnis. Sedangkan Retail Kita memiliki peran sebagai penghubung antara warung mitra dengan produsen FMCG (fast moving consumer goods). Suplai dan distribusi barang diharapkan jadi lebih ringkas dan hemat.
Baca juga: PDB Positif, Investor Sikat Saham-Saham Berikut
”Dengan iklan digital, ekosistem digital Kioson bertambah satu lagi, dan semakin lengkap. Kioson yakin, layanan iklan digital ini akan meningkatkan adding value bagi mitra, dan pelanggan Kioson di masa mendatang,” harap Reginald. (abg)