indoposnews.co.id – Mitra10 pelopor ritel moderen bahan bangunan di Indonesia dan furnitur Atria melanjutkan ekspansi di 2023. Ekspansi pertama 2023 dilakukan di Bintaro Jaya, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. Kedua toko ritel itu, menempati lahan seluas 14 ribu meter persegi (m2) terletak di lokasi strategis jalan utama Boulevard Bintaro Jaya dikelilingi kawasan hunian, dan komersial.
Kedua toko ritel moderen itu, berada pada satu lokasi sangat potensial, dan memiliki target traffic 30 ribu pengunjung per bulan. Perseroan berkomitmen melanjutkan ekspansi berkelanjutan Superstore Mitra10 tahun ini. Dengan peresmian Mitra10 Bintaro Jaya, perseroan akan melanjutkan ekspansi pembukaan Superstore baru tahun ini pada tiga bulan terakhir 2023. Dengan begitu, para pelanggan makin mudah menjangkau kebutuhan renovasi bahan bangunan sesuai tagline perseroan “The Easiest Place to Get Your Renovations Done!”.
Mitra10 mengusung konsep One Stop Shopping untuk berbelanja kebutuhan renovasi rumah atau area komersial seperti café, ruko dan sebagainya. Mitra10 Bintaro Jaya menyediakan lebih dari 65 ribu Stock Keeping Unit (SKU) terbagi 13 kategori. Yaitu, appliances/perlengkapan rumah tangga, kamar mandi, bahan bangunan, pintu dan jendela, elektrikal dan lampu, dinding dan lantai, perlengkapan rumah dan hobi, dapur, pipa dan aneka alat (tools). Para pengunjung juga dapat memilih aneka produk furniture, matras dan pernak-pernik lucu untuk mempercantik rumah pada toko ritel moderen furnitur Atria tertata apik, dan moderen.
Baca juga: Performa Gacor! Pengelola Mitra10 Siapkan Belanja Modal Rp1,3 Triliun
Mitra10 Bintaro Jaya menyediakan selling space seluas lebih 6 ribu m2, area gudang toko seluas 4 ribu m2, dan selling space Atria seluas 1.500 m2 beserta gudang toko seluas 45 m2 dengan menyediakan lebih dari 13 ribu SKU, berikut darea parkir yang luas dan aman, sehingga para pengunjung dapat berbelanja dengan nyaman.
Toko ritel moderen di Bintaro Jaya itu, mengusung konsep Shop in Shop. Selain Mitra10 menjual bahan bangunan, didalamnya ada toko Atria furnitur, sister company Mitra10. Konsep itu, memudahkan para pelanggan memenuhi aneka kebutuhan bahan bangunan untuk kebutuhan renovasi atau membangun rumah tinggal, dan kebutuhan furniture sekaligus.
Kalau Mitra10 Bintaro merupakan toko ke-46, maka Atria Bintaro merupakan toko ritel moderen furniture ke-20 di Indonesia. Di Atria, para pengunjung dapat memilih beragam produk furnitur seperti: Aksesoris, Bedroom Set, Bed Gelar, Commercial, Dining, Kids, Living, Mattress, Office, Storage, Wardrobe, dan sebagainya. Saat ini, Atria telah hadir di seluruh area Jabodetabek, Kota Tegal, Surabaya, Malang, Bali, Makassar, Palembang, Pekanbaru, dan Lampung.
Baca juga: Tambah Modal, Pemilik Mitra10 Jajakan Right Issue 1,5 Miliar Eksemplar
Erick Koswara, GM Marketing dan Komunikasi Mitra10 mengatakan, Mitra10 dengan prinsip “Murah, Lengkap, dan Nyaman”, merupakan pelopor ritel bahan bangunan moderen menerapkan konsep belanja bahan bangunan, dan perlengkapan rumah dalam satu atap. Para pengunjung akan dimanja desain, dan layout penyusunan barang menarik, sehingga memudahkan memilih aneka keperluan renovasi rumah dari keramik hingga atap. Produk-produk bahan bangunan, dan Home Improvement tersebut merupakan 80 persen buatan lokal.
Selain menjual brand-brand kenamaan dari principal, Mitra10 juga memiliki Private Brand yakni Zehn, Tidy, Sincere, Durafloor, Fiorano dan Ceramax, Durevole, Glucklich, Winst, Heatsafe, Aquamax. Mitra10 memiliki konsep Omnichannel memungkinkan pelanggan berbelanja dengan mudah di berbagai platform, baik Online maupun Offline. Mitra10 memberikan pengalaman berbelanja inovatif dengan akses 24/7 melalui plaform digital termasuk website Mitra10.com, berbagai marketplace, dan melalui Whatsapp Business Chat pada jam operasional toko. Mitra10.com merupakan supermarket bahan bangunan yang memberikan kenyamanan berbelanja kapan saja, dan di mana saja.
Medya Ika Ayu, Promotion & Advertising Manager Mitra10 menambahkan, para pelanggan juga dapat menikmati berbagai promo menarik saat Grand Opening. Misalnya, Crazy Price dengan garansi harga termurah khusus 21-24 September 2023. Hanya dengan menjadi sahabat Mitra10, mengisi registrasi keanggotaan pelanggan dapat menikmati special deals, point rewards, merchant benefit, dan discount khusus bank tertentu bahkan cicilan 0 persen hingga 12 bulan.
Baca juga: Kinerja Solid, Catur Sentosa Tabur Dividen Rp49,04 Miliar
Sepanjang paruh pertama 2023, perseroan mencatat pendapatan Rp7,8 triliun, tumbuh 5 persen dibanding periode sama tahun lalu. Total penghasilan komprehensif tahun berjalan dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai Rp91,5 miliar, sedikit terkoreksi dibanding tahun lalu tercatat Rp112 miliar. Segmen ritel membukukan pendapatan Rp2,9 triliun, tumbuh 7,7 persen dibanding periode sama tahun lalu. Angka itu, setara kontribusi 34 persen terhadap total pendapatan konsolidasian perseroan.
Selain segmen ritel moderen, perseroan juga memiliki segmen distribusi dengan pendapatan Rp4,9 triliun, setara kontribusi 62 persen atas total pendapatan secara konsolidasi Rp7,4 triliun. Capaian itu, setara pertumbuhan 3,6 persen secara tahunan dibanding pendapatan periode sama tahun lalu. Segmen distribusi merupakan kontributor terbesar pendapatan disumbang distribusi bahan bangunan, consumer goods (FMCG), dan kimia. Sedang segmen ritel moderen merupakan sumber pertumbuhan disumbang ritel moderen bahan bangunan Mitra10, dan Atria furniture, baik dalam penjualan maupun kinerja marjin.
Baca juga: Melejit 22,3 Persen, Catur Sentosa Catat Laba Bersih Rp167 Miliar
Segmen ritel moderen Mitra10, dan Atria merupakan anak usaha Catur Sentosa Adiprana. Catur Sentosa memiliki 99,9 persen saham Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS), dan memiliki 99 persen saham Catur Sentosa Berhasil (CSB). Saat ini, perseroan memiliki 46 cabang distribusi bahan bangunan berbagai kota besar, 5 cabang distribusi kimia, 57 area distribusi FMCG, 46 toko Mitra10 ritel moderen bahan bangunan & home improvement, dan 20 Showroom Atria ritel moderen home furnishing.
”Strategi ekspansi ritel memberi kontribusi positif terhadap kinerja perusahaan, terbukti dari pertumbuhan pendapatan, margin Mitra10 telah tumbuh 8,7 kali lipat sejak 2009, dan sekarang menawarkan lebih dari 65 ribu SKU. Kondisi itu, menjadikan Mitra10 sebagai jaringan ritel moderen terbesar untuk bahan bangunan, dan home improvement Indonesia,” tegas Idrus Widjajakusuma, Corporate Secretary Catur Sentosa Adiprana. (abg)