indoposnews.co.id – PT MNC Studios International (MSIN) mematok konsolidasi aset tuntas segera. Itu penting untuk mengimbangi pertumbuhan media digital yang begitu pesat. Produksi dan pengelolaan digital media bisa dimaksimalkan dengan pengelolaan secara profesional.
”Saat ini fokus perseroan produksi, distribusi konten, dan intellectual property (IP) melalui seluruh platform sehingga ada sinergi, dan efisiensi maksimal,” tutur Direktur Utama MNC Studios International Ella Kartika, pada paparan publik insidentil, Senin (3/1).
Baca juga: Market Fluktuatif, IHSG Cenderung Lanjut Menguat
Untuk itu, MNC Studios International berencana mementaskan RUPSLB pada 7 Februari 2022 untuk meminta persetujuan kepada pemegang saham atas konsolidasi lini bisnis digital tersebut. Efek konsolidasi itu, sangat positif. Platform digital akan meningkatkan jumlah pemirsa, revenue perusahaan, dan produksi konten kuat.
Rencana konsolidasi aset digital Media Nusantara Citra (MNCN) dalam MNC Studios International terdiri dari tiga aset utama digital. Meliputi lini bisnis super apps, dan portal termasuk RCTI plus didapuk sebagai Advertising Video on Demand (Avod) super apps, Vision plus disebut sebagai Subscription Video on Demand (Svod) super apps, portal berita, dan umum diisi Okezone.com, Sindonews.com, iNews.id, IDX Channel, Celebrities.id, sportstars.id. Terakhir, portal berita berbasis artificial intelligence (AI) BuddyKu.
Baca juga: Wow, Sejumlah Direksi Borong Saham Elang Mahkota Rp74,32 Miliar
Layanan RCTI plus terdiri atas 5 jenis konten, yaitu video streaming, agregator berita, audio aggregator, UGC Competition, dan Games Aggregator. Khusus games aggregator akan dipindahkan ke VisionPlus, dan diganti music aggregator. ”Gamesplus diganti jadi musicplus,” tegas Investor Relations MNC Studios International Fadel Putra.
Pengguna aktif RCTIplus mencapai 63,5 juta pengguna bulanan per November 2021, naik 7,4 kali lipat dalam 8 kuartal terakhir sejak kuartal I-2020 hanya 8,5 juta pengguna bulanan. Pendapatan utama RCTIplus yakni dari iklan. Visionplus memberi layanan berlangganan untuk mengakses sekaligus MNC Vision, K-Vision, dan MNC Play.
Baca juga: Gugatan Banjiri Indosat, Ini Penjelasan Manajemen
Kelebihannya dapat saluran FTA lokal, kemudian 13 saluran khusus dari Visionplus, 105 saluran premium internasional termasuk HBO dan BEIN, 17 ribu jam lebih film, serial, dan 10-20 program eksklusif tayang per bulan dalam Visionplus. Pemirsa berlangganan Visionplus telah mencapai 2,05 juta pelanggan hingga kuartal III-2021.
Khusus portal berita MNC sebelumnya memiliki hanya Okezone.com, Sindonews.com, dan iNews.id pada 2020, lalu pada 2021 bertambah dengan IDX Channel, Celebrities.id, dan sportstars.id. Dengan total pelanggan aktif per bulan mencapai 79,8 juta pengguna. Rinciannya, pengguna okezone.com 34 juta, sindonews.com 26,7 juta, iNews.id 12,9 juta, IDX Channel 2,1 juta, Celebrities.id 2,6 juta, dan sportstars.id 1,5 juta.
Baca juga: Diversifikasi Usaha, United Tractors Perkuat Segmen Tenaga Listrik
BuddyKu, upaya menjawab pasar dengan membentuk platform ekosistem konten berbasis AI. Dengan begitu, pengguna dapat dikembangkan berdasar ketertarikan, dan menghasilkan berita-berita berprofil unik sesuai personal. Dengan begitu, lini bisnis MNC Studios International akan menjadi 4 lini. Meliputi produksi konten dan IP, talent and label, media sosial dan gaming, super app dan portal. (abg)