Indoposonline.NET – PT Bank Syariah Indonesia (BRIS) terus melakukan transformasi digital untuk menghadirkan kemudahan layanan keuangan bagi nasabah dan masyarakat, termasuk membuka rekening secara daring (online). Melalui pengembangan aplikasi BSI Mobile, fitur terbaru know your customer-biometric, BSI menargetkan pembukaan rekening online mencapai 1 juta nasabah.
Menyusul fitur anyar dilengkapi keunggulan sistem biometrik, calon nasabah BSI dapat membuka rekening tabungan secara online (digital onboarding) dengan cepat, mudah, dan seamless. Terobosan itu, tentu untuk memberi kenyamanan kepada para calon nasabah BSI.
Baca juga: Performa Memburuk, Pengelola KFC Buntung Rp377 Miliar
Sebagai bank syariah terbesar nasional, BSI terus berinovasi melalui berbagai pengembangan digital sebagai bagian transformasi digital. ”Kami berkomitmen meningkatkan customer experience dari calon nasabah, dan nasabah BSI, melalui kanal-kanal digital,” tutur Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi.
Sejalan aspirasi perusahaan menjadi bank modern dan inklusif, BSI akan menawarkan kemudahan layanan bagi masyarakat dalam bertransaksi sesuai prinsip Syariah. ”Kami akan terus menyasar milenial dan generasi Z, melalui produk-produk layanan digital, sehingga akan muncul generasi-generasi Syariah atau Gensy. Selain itu, saya juga berkomitmen mewakafkan diri melakukan literasi syariah,” tambah Hery.
Baca juga: BEI Tak Mengelak Bukalapak Listing Juli
Sekadar informasi, fitur Biometrik menjadi salah satu verifikator pembukaan rekening online melalui verifikasi foto wajah terintegrasi dengan data kependudukan Disdukcapil. Dengan fitur itu, memungkinkan calon nasabah tidak perlu videocall, saat tahap verifikasi data diri pada proses pembukaan rekening secara daring.
Selain itu, dengan fitur biometrik, waktu untuk pembukaan rekening menjadi lebih singkat, kurang dari 5 menit hingga proses terbentuknya nomor rekening online. Dengan teknologi ini, calon nasabah BSI tidak perlu antre atau datang ke kantor cabang BSI. Inovasi ini, tentu efektif, efisien, dan nyaman bagi calon nasabah, di tengah pandemi Covid-19.
Baca juga: Nih Buruan, Matahari Obral Promo Gratis Ongkir
Saat ini, animo masyarakat terhadap layanan keuangan BSI cukup meningkat. Di mana, jumlah pembukaan rekening online per awal Juni 2021 mencapai lebih dari 400 ribu NoA dengan rata-rata 2.000 pembukaan rekening online terdata setiap hari.
Awal Juni 2021, jumlah pengguna BSI Mobile mencapai lebih dari 2 juta user dengan transaksi meningkat 73,78 persen secara tahunan (YoY). Target pembukaan rekening online melalui BSI Mobile meningkat menjadi 3.000 NoA per hari. BSI bertekad menghadirkan fitur-fitur baru lain pada aplikasi BSI Mobile. Misalnya, fitur Paylater dan mitraguna (produk pembiayaan berbasis payroll) online.
Baca juga: Terkesima, Bank Dunia Sanjung Transformasi Ekonomi Indonesia
Saat ini, BSI Mobile memungkinkan nasabah bertransaksi menabung emas, gadai emas, membayar Ziswaf, dan membeli hewan kurban. Bahkan, dapat mengecek waktu salat, dan lokasi masjid terdekat. BSI berupaya mendampingi nasabah sebagai sahabat finansial, sosial, dan spiritual untuk memberi manfaat seluas-luasnya bagi umat. (abg)