indoposnews.co.id – Sinar Eka Selaras atau Erajaya Active Lifestyle (ERAL) akan melangsungkan penawaran umum perdana saham alias initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sinar Eka menawarkan maksimal 20 persen saham kepada publik. Pada aksi korporasi itu, Sinar Eka dibantu BNI Sekuritas, dan Mirae Asset Sekuritas Indonesia sebagai joint lead underwriters.
Penawaran awal (bookbuilding) saham Sinar Eka dijadwalkan pada 14-26 Juli 2023. Surat pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diharapkan dapat diperoleh pada 31 Juli 2023. Setelah itu, penawaran umum akan dilaksanakan pada 2-4 Agustus 2023, dan pencatatan saham (listing) di Bursa Efek Indonesia pada 8 Agustus 2023.
Baca juga: Bidik Rp425 Miliar, Anak Usaha Erajaya Siap Gelontorkan Dividen 30 Persen
Dana hasil IPO sekitar 37 persen untuk ekspansi bisnis eksisting, kemudian 13,75 persen untuk mendukung ekspansi bisnis baru, dan 49,25 persen sebagai modal kerja. Sinar Eka terafiliasi dengan Erajaya Group, bergerak bidang penyedia solusi ritel, dan distribusi multi brand terkemuka Indonesia. Sinar Eka memiliki portofolio brand komprehensif pada tiga segmen. Yaitu Accessories (Ecosystem), Internet of Things (IoT), sportswear, fashion, dan outdoors.
Direktur Utama Sinar Eka Djohan Sutanto mengatakan, IPO menjadi upaya Sinar Eka untuk memaksimalkan competitive advantage perusahaan. Yakni memaksimalkan bisnis perusahaan sudah berjalan, dan menangkap peluang-peluang baru di masa mendatang. “Sebagai pemain utama industri ritel dengan pasar luas Indonesia, Sinar Eka memberikan solusi inovatif dan layanan luar biasa melalui portofolio produk gaya hidup aktif kelas dunia, didukung jaringan Omni-Channel seluruh Indonesia sehingga menjadi pilihan utama konsumen di Indonesia,” tegasnya.
Baca juga: Jualan iPhone! Erajaya Tabur Dividen Rp299 Miliar, Tengok Ini Jadwalnya
Sinar Eka optimistis sektor ritel memiliki potensi besar untuk terus berkembang di Indonesia. Apalagi, saat ini pertumbuhan ekonomi nasional terbesar masih ditopang kegiatan konsumsi. Pada akhir kuartal I-2023, lebih dari 50 persen pertumbuhan ekonomi nasional dikontribusi sektor konsumsi. Sementara berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor konsumsi tumbuh 4,54 persen secara tahunan.
Saat ini, Sinar Eka telah memiliki berbagai portofolio brand papan atas untuk sejumlah segmen produk sektor ritel. Pada segmen Accessories (ecosystem), Sinar Eka membawahi berbagai brand produk papan atas, seperti Apple, Samsung, Huawei, Xiaomi, Playstation, Microsoft, JBL, dan sebagainya. Sedang segmen Internet of Things (IoT), membawahi brand DJI, Garmin, GoPro, Marshall, Segway, dan sebagainya.
Baca juga: Soal Sengketa Merek, Begini Penjelasan Distributor iPhone, Erajaya
Kemudian segmen sportswear, fashion, dan outdoors, Sinar Eka memiliki portofolio brand JD Sports, ASICS, dan Urban Adventure. Akhir 2022, Sinar Eka membukukan pendapatan Rp3,04 triliun dengan rata-rata pertumbuhan tahunan (CAGR) antara 2020-2022 sebesar 24,11 persen. Capaian itu berkat dukungan penjualan melalui 28 mono-brand store, 36 toko multi-brand store, 56 distribution centre, dan official stores pada 3 platform e-commerce yaitu Tokopedia, Shopee, dan Blibli.
Selain itu, Sinar Eka sebagai bagian Erajaya Group memiliki jangkauan kepada lebih dari 6,5 juta member MyEraspace pada layanan e-commerce eraspace.com menawarkan beragam tingkatan hadiah, manfaat eksklusif untuk memudahkan belanja bagi para pelanggan, dan Erajaya. Itu juga turut membantu Sinar Eka meningkatkan pendapatan. Sementara itu, laba bersih Sinar Eka tahun lalu mencapai Rp184 miliar, dengan rata-rata pertumbuhan tahunan antara 2020-2022 sebesar 58,60 persen.
Baca juga: Pasarkan Produk Digital, Erajaya Gandeng Blackhawk Bentuk Usaha Patungan
Sinar Eka juga terus memperluas portofolio brand internasional sektor-sektor menjadi fokus. Itu diharap mampu mendongkrak kinerja perusahaan ke depan. Guna memaksimalkan pendapatan, Sinar Eka juga didukung jaringan Erajaya Group, selama ini menjadi pemimpin pasar untuk distribusi berbagai brand, terutama berhubungan dengan gadget. Kondisi itu, membuat Sinar Eka bertransformasi menjadi distributor utama sejumlah merek papan atas untuk end-to-end lifestyle products. (abg)