indoposnews.co.id – ManageEngine, divisi manajemen TI Zoho Corporation, meluncurkan Endpoint Central MSP Cloud. Itu untuk pemantauan dan manajemen jarak jauh (remote monitoring management-RMM) penyedia layanan terkelola (MSP). Endpoint Central MSP, menghadirkan keunggulan fleksibilitas, efisiensi cloud, dan kemampuan maksimal dengan beragam perubahan sumber daya.
Peluncuran itu, juga melengkapi tahap pertama visi perusahaan untuk platform terpadu MSP. MSP memerlukan solusi holistik untuk memantau, dan mengelola desktop, server, laptop, dan perangkat seluler klien melalui remot dari lokasi tertentu. Namun, solusi lokal memiliki kendala konsistensi fungsi dengan berbagai perubahan, dan ada peningkatan biaya, sehingga menghambat pertumbuhan bisnis.
Peralihan ke solusi cloud memberi alternatif jauh lebih fleksibel bagi MSP untuk meningkatkan sumber daya sesuai kebutuhan, dan memastikan biaya TI selaras dengan kebutuhan sesungguhnya. ”Peluncuran cloud itu, memungkinkan penyedia layanan fokus mengatasi tantangan TI klien, dan mengembangkan bisnis tanpa khawatir akan kerumitan operasional,” tutur Mathivanan Venkatachalam, Wakil Presiden ManageEngine.
Baca juga: Simak! Ini Jadwal Dividen Emiten Prajogo Pangestu Rp523,41 Miliar
“Endpoint Central MSP Cloud memberikan kemampuan RMM untuk endpoint, memungkinkan MSP mengotomatiskan tugas manajemen, dan keamanan sehari-hari sehingga dapat selalu siap setiap saat membantu klien,” imbuhnya. Sejumlah keunggulan Endpoint Central MSP Cloud menjadi sorotan sebagai berikut.
Dukungan ekstensif untuk perangkat, dan sistem operasi. Perangkat tunggal memiliki berbagai kemampuan seluruh pengelolaan, keamanan, dan kesesuaian perangkat. Akses terintegrasi, dan pemecahan masalah dari jarak jauh tanpa memerlukan pengaturan atau perangkat tambahan. Otomatisasi patch pihak ketiga ekstensif berbagai jenis perangkat, dan lingkungan.
Integrasi pihak ketiga yang kuat, dan ekosistem API luas untuk mendorong interoperabilitas dengan rangkaian teknologi MSP yang ada. ”Dengan Endpoint Central MSP, ManageEngine memungkinkan kami mengelola banyak pelanggan dan berbagai endpoint hanya dengan tim TI kecil. Seiring perkembangan perusahaan, kami ingin lebih menyederhanakan operasi dengan Endpoint Central MSP Cloud,” tegas Per Bendixen, Konsultan Senior TI RelateIT.
Baca juga: Astra International Sedot Belanja Rp35 Triliun, Ini Alokasinya
kungan bisnis serbadigital, MSP membangun tumpukan teknologi dari serangkaian peranti khusus berbagai vendor untuk mengelola, memelihara, mengamankan infrastruktur TI klien secara efektif, mengoptimalkan, dan menjalankan operasi secara mandiri. Itu tidak hanya meningkatkan total biaya kepemilikan, kompleksitas, sehingga memaksa MSP menggunakan banyak peranti namun dengan kemampuan integrasi lemah.
”Kami telah membangun beragam ekosistem solusi guna memenuhi beragam kebutuhan MSP, termasuk manajemen identitas, akses, RMM, dan otomatisasi layanan profesional. Kami berencana menghadirkan semua ke cloud. Dengan peluncuran itu, kami tinggal tunggu waktu untuk menghadirkan platform cloud tunggal akan memungkinkan solusi-solusi bekerja sama secara lancar, menghilangkan kerumitan integrasi, memberdayakan MSP untuk memaksimalkan pendapatan dengan upaya, dan investasi minimal,” tukas Venkatachalam.
Baca juga: Susut 14 Persen, Laba Ramayana Sisa Rp254 Miliar
Endpoint Central MSP Cloud segera tersedia. Setiap perangkat dihargai mulai USD2 per bulan. Lisensi gratis selama satu tahun untuk mengelola 250 perangkat tersedia di mnge.it/Bkd. Penawaran lisensi gratis berlaku untuk pelanggan bermigrasi dari Endpoint Central MSP versi lokal.
Rangkaian MSP ManageEngine, satu set solusi dibuat khusus untuk para penyedia layanan. Rangkaian itu, mencakup berbagai kemampuan dibutuhkan MSP untuk memberikan layanan luar biasa, dan menyederhanakan operasi bisnis klieni, termasuk manajemen identitas akses, pemantauan, manajemen jarak jauh, otomatisasi layanan profesional, dan layanan keamanan siber. (abg)