Indoposonline.NET – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan kembali MotionBanking milik PT Bank MNC Internasional (BABP) resmi menjadi bank dengan layanan perbankan digital (digital banking).
Itu sekaligus meluruskan pemberitaan blunder sebuah media swasta yang menyebutkan MNC Bank, dan Bank Aladin (BANK) tidak ada dalam daftar bank digital OJK. Pada webinar “Kolaborasi Bank Digital dan Fintech dalam Menopang Perekonomian Nasional”, OJK menegaskan pada menit 2:36:10, MNC Bank (BABP) telah meraih izin layanan perbankan digital OJK.
Baca juga: Mantap, Pertamina Catat Laba Bersih Rp15,3 Triliun
“MNC Bank baru mendapat izin. MotionBanking menobatkan diri menjadi bank digital,” tutur Tony, Deputi Direktur Basel dan Perbankan Internasional OJK, dalam webinar digelar Kamis (10/6) itu.
Sekadar informasi, MNC Bank telah mengantongi izin OJK untuk menjalankan layanan perbankan digital (digital banking) sejak Mei 2021. Menyusul konfirmasi dan penegasan OJK MotionBanking MNC Bank, dan Aladin milik PT Bank Aladin Syariah, merupakan bank dengan layanan perbankan digital (digital banking). Dengan begitu, kini ada tujuh bank telah mengantongi izin OJK, dan menobatkan diri sebagai bank digital.
Baca juga: IHSG Anjlok 0,25 Persen, Asing Borong Saham BRI Rp295 Miliar
Di antaranya MotionBanking dari MNC Bank (BABP), Bank Aladin (BANK), Jenius Bank BTPN, Wokee Bank KB Bukopin, Digibank Bank DBS, TMRW Bank UOB, dan Jago milik Bank Jago. Dengan begitu, MNC Bank jauh lebih dulu mendapat izin sebagai bank layanan digital OJK.
Selanjutnya, tujuh 7 bank sedang mendaftar untuk mendapat izin sebagai bank digital OJK, yaitu Bank BCA Digital, BRI Agroniaga, Bank Neo Commerce, Bank Capital, Bank Harda Internasional, Bank QNB Indonesia, dan Bank KEB Hana.
Baca juga: IHSG Anjlok 0,25 Persen, Asing Borong Saham BRI Rp295 Miliar
Seperti diketahui, dengan adanya izin digital onboarding OJK, nasabah MNC Bank dapat membuka rekening simpanan secara online (digital), tanpa perlu ke cabang. Layanan perbankan digital MNC Bank mengusung nama MotionBanking. Dengan layanan itu, MNC Bank tidak bergantung pada kantor cabang fisik, sehingga layanan perbankan dapat diakses di mana pun dan kapan pun.
Pada tahap awal MotionBanking memungkinkan ratusan juta masyarakat Indonesia mengakses layanan perbankan digital dan kemudahan membuka rekening simpanan tanpa perlu mengunjungi kantor cabang atau ATM. Selanjutnya, MotionBanking meningkatkan layanannya untuk mengaktifkan fungsi e-money, e-wallet, transfer digital, poin loyalitas, QRIS, menyajikan pembayaran billing, pembelian aplikasi secara nyaman, dan menawarkan pelayanan perbankan digital lengkap bagi pengguna.
Baca juga: Rusak Irama Pasar, Saham Multipolar Technology Masuk Kotak
Dengan teknologi inovatif seperti credit scoring berbasis Artificial Intelligence (AI), pengguna MotionBanking dapat mengajukan kartu kredit virtual dan fisik secara online dengan persetujuan sangat cepat. Kombinasi rekening tabungan dan kartu kredit MotionBanking, memungkinkan pengguna membayar cicilan kartu kredit dari rekening tabungan dengan mudah, mengurangi risiko cicilan, meningkatkan kualitas kredit, dan pengalaman pengguna. Pengguna MotionBanking juga dapat mengajukan cicilan kartu kredit secara digital dalam jangka waktu tertentu setelah transaksi terdaftar di aplikasi.
MotionBanking akan memanfaatkan ekosistem MNC Group yang besar. Guna mengejar target pertumbuhan, MotionBanking akan memanfaatkan ekosistem MNC Group dengan userbase sangat besar menjadi pelanggan layanan perbankan digital MotionBanking. Itu terdiri dari lebih 9 juta pelanggan TV berbayar telah terdaftar, dengan tambahan 3-4 juta pelanggan baru setiap tahun.
Baca juga: Kilang Pertamina Cilacap Padam Total
Lebih dari 63 juta Monthly Active User (MAU) dari layanan Over The Top (OTT) seperti RCTI+ & Vision+. Lebih dari 50 persen populasi Indonesia menjadi pemirsa TV Free To Air (FTA). Lebih dari 75 juta MAU dari portal berita MNC Group. Lebih dari 230 juta user base akun sosial media MNC Group di YouTube, Facebook, dan Tiktok dengan traffic dihasilkan saat ini hampir mencapai 45 miliar views. Koneksi ke hampir 400 artis dan entertainer papan atas dalam naungan MNC Group, siap menjadi influencer atau brand ambassador MotionBanking. (abg)