indoposnews.co.id – Cipta Selera Murni (CSMI) menggebrak pasar dengan brand New’s Fried Chicken (NFC). Itu ditandai dengan soft opening outlet baru pada 22 Juli 2023, dan grand opening pada 15 Juli 2023 di Citra Plaza, Pekanbaru. Perseroan masih menjalankan usaha restoran dengan menjual ayam goreng, burger, kebab, dan menu andalan lain yaitu es kelapa jeli dan/es kelapa ice cream.
Perseroan membuka restoran pada tempat sebelumnya menjalankan usaha restoran dengan merk lain. Bisnis dengan merek baru itu berdasar feasibilities studies dengan melakukan perhitungan proforma antara sales, dan biaya operasional. Proforma restoran Citra Plaza Pekanbaru, mal dengan tingkat keramaian 85 persen pada weekends, dan 70 persen pada hari biasa. Perkiraan sales pada hari kerja Rp10-20 juta per hari.
Lalu, pada Sabtu-Minggu antara Rp15-25 juta per hari. Perseroan juga masih mengefisiensikan biaya karyawan ada 12 orang di bagian operasional. Lalu, diskon sewa, dan service charge sampai akhir tahun. ”Soal brand, saat ini kami tengah mengumpulkan dokumen pendukung untuk melakukan pendaftaran merek ke Dirjen HAKI,” tukas Radino Miharjo, Direktur Cipta Selera Murni.
Baca juga: Belum Laba, Cipta Selera Murni Pertipis Kerugian Jadi Rp3,27 Miliar
Selanjutnya, perseroan akan terus membuka gerai secara masif hingga pengujung 2023. Pada 20 Oktober 2023 akan membuka outlet baru di Grand Mall Bekasi dengan progres terkini mencapai 75 persen. Lalu, pada 27 Oktober 2023 mengoperasikan outlet anyar di The Park Kendari dengan progres saat ini 75 persen. Kemudian, membuka outlet baru di Binjai Supermall pada 24 November 2023 dengan progres terkini baru 30 persen.
Selanjutnya, meresmikan outlet baru di Jogja Dept Store-Cirebon pada 10 November 2023 dengan program saat ini baru mencapai 30 persen. Dan, terakhir mengoperasikan outlet baru di Pasar 45 Manado, pada 3 November 2023. “Sumber dana operasional, dan pengembangan outlet baru dari pinjaman pihak afiliasi dan dana kas internal hasil operasional,” imbuh Radino.
Rencana usaha, dan strategi perseroan 5 tahun mendatang akan membuka restoran dengan perincian sebagai berikut. Tahun 2023 akan membuka 6 restoran. Tahun 2024 akan membuka 6 restoran. Tahun 2025 rencana membuka 15 restoran. Tahun 2026 rencana membuka 15 restoran. Tahun 2027 akan membuka 15 restoran.
Baca juga: Lagi! Monjess Investama Lepas 105 Juta Saham Mitra Komunikasi
Strategi perseroan membuka restoran dengan tetap melakukan efisiensi food cost, dan biaya operasional. Adapun food cost sekitar 30 persen, dan EBITDA 30 persen. ”Kami berharap pada 2024 perseroan sudah bisa membukukan laba bersih, dengan asumsi pembukaan restoran terealisasi. Itu memaksimalkan brand awareness melalui media sosial, dan pemberian diskon promosi,” harap Radino.
Di sisi lain, perseroan mempunyai liabilitas tidak lancar sejumlah Rp13,59 miliar. Utang bank kepada Bank BCA Rp6,55 miliar dengan jaminan properti. Lalu, Bank Mandiri Rp4,36 miliar dengan jaminan properti. Utang supplier kepada Coca Cola Amatil Indonesia Rp1,34 miliar. Sahabat Kita Rp833,35 juta. Lasallefood Rp289,75 juta. Dan, Thendy Citra Kreasi Rp206,12 juta.
Selanjutnya, utang lancar masih berupa utang supplier kepada Ciomas Adisatwa Rp50,33 miliar, dan utang pengelola kepada Pengelola Citra Plaza sebesar Rp56,99 juta. Sekadar informasi, perseroan telah mengakhiri kerja sama dengan principal Texas Chicken pada 14 Maret 2023. Sesuai kesepakatan melalui perjanjian pada 14 Maret 2023 antara perseroan, dan principal Texas Chicken, ada penghapusan kewajiban perseroan kepada prinsipal USD361,56 ribu. (abg)