indoposnews.co.id – Sejak pandemi Covid-19 mewabah awal 2020, kebiasaan bertransaksi masyarakat berubah ke arah digital. Pada 2022 ini, Bank Indonesia (BI) mencatat 21 juta konsumen baru bertransaksi digital. Menariknya, 72 persen konsumen baru dari pedesaan, dan pelosok perkampungan Indonesia.
Fitria Irmi Triswati, Direktur Kebijakan Sistem Pembayaran BI menyebut warga pelosok sudah melek digital. Keterbatasan infrastruktur wilayah remote, dan perbatasan tidak menghambat pertumbuhan transaksi digital. Apalagi, layanan digital makin menjamur seperti platform streaming, dan mobile games, ecommerce. Kondisi itu, mendorong warga terus mencari cara agar bisa mendapatkan, dan menikmati beragam layanan digital.
Baca juga: Jadi Ketua Harian Perindo, TGB Zainul Majdi Tinggalkan Bank Syariah Indonesia
Pertumbuhan itu, juga didukung Bank Indonesia dengan peluncuran sistem pembayaran QRIS pada 17 Agustus 2019. Per 21 Agustus 2021, jumlah merchant QRIS sudah mencapai 9 juta unit, dan terus bertambah. Menyusul pertumbuhan pesat transaksi digital itu, PT Aviana Sinar Abadi atau Aviana, ikut terlibat mengelola 180 juta transaksi produk digital per bulan. Itu termasuk transaksi di seluruh pelosok tanah air.
Aviana berdiri sejak 2011, dan sudah membantu lebih dari 1.200 pelaku bisnis digital. Aviana melalui IRS Market, platform inter-transaction produk digital pertama, dan terbesar Indonesia. ”Kami senang dengan inovasi teknologi bisa membawa dampak begitu besar dalam transisi Indonesia ke arah go digital,” tutur Panji Pramana, Founder dan Direktur Utama Aviana.
Baca juga: Permanenkan Komut Anyar, Nusantara Infrastructure segera Tuntaskan Akuisisi Jalan Layang MBZ
Panji menambahkan dibutuhkan persiapan infrastruktur digital untuk terus bisa memadai perkembangan teknologi di masa mendatang, khususnya di Indonesia. Aviana, platform B2B solusi digital end-to-end bagi para pelaku bisnis produk digital atau bisnis online mulai dari pembuatan front-end system, back-end system, sampai Supporting system.
Aviana sudah berdiri sejak 2011 l. Aviana melalui ekosistem digital bergerak dalam kemajuan teknologi sektor industri digital. Saat ini, Aviana tengah mengembangkan inovasi terbaru yaitu MetaCommerce. Solusi berkesinambungan Aviana dalam mewujudkan digitalisasi produk fisik dengan mengadopsi teknologi Web 3.0 dengan kapabilitas Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI). (abg)