indoposnews.co.id – Mitra10 Batam menempati area seluas 16.717 meter persegi (m2). Itu setelah mengalami remodelling dari sebelumnya seluas 8.990 m2. Penambahan lahan hampir dua kali lipat itu, membuat selling area (area penjualan) menjadi 3.801 m2 dari sebelumnya 2.192 m2.
Kini, luas bangunan menjadi 8.434 m2 dengan area gudang seluas 3.347 m2. Sebelumnya, Mitra10 Batam memiliki luas bangunan 2.160 m2 dengan area gudang seluas 72 m2. Remodelling itu dilakukan menyusul animo masyarakat begitu luar biasa. ”Sejak berdiri pada 2005, animo pengunjung, dan angka penjualan terus meningkat tiap tahun,” tutur Andy Totong Direktur Utama Mitra10.
Baca juga: Lagi, Paraga Borong 13,56 Juta Saham Bumi Serpong Damai Rp12,39 Miliar
Jejaring ritel modern bahan bangunan dan home improvement terbesar Indonesia besutan Catur Sentosa (CSAP) itu, menawarkan 25 ribu item barang alias stock keeping unit (SKU) terbagi dalam 13 kategori.
Kategori itu, terdiri dari Cat dan variannya, porselen atau keramik untuk lantai, dinding, kamar mandi dan dapur, pintu dan jendela, pipa atau plumbing, material bangunan, listrik, perkakas rumah (hardware), tools, hobi, perabot rumah tangga (houseware) hingga perlengkapan rumah tangga (home appliances).
Baca juga: Pisahkan Divisi Transjawa, Simak Ini Rencana Strategis Jasa Marga
SKU itu, dipasok lebih 600 produsen. Di mana, 80 persen di antaranya produsen barang lokal, dan dalam negeri. So, eksistensi Mitra10 berdampak positif pada pertumbuhan pebisnis lokal untuk tumbuh berkelanjutan Mitra10 kini telah memiliki 44 toko pada 25 kota di Indonesia. Perseroan telah menetapkan milestone pertama yakni memiliki 50 superstore bahan bangunan Mitra10 pada pengujung 2023, dan menuju milestone kedua yakni 100 superstore Mitra10 pada 2030.
Erick Koswara, GM Marketing Communications Mitra10 menegaskan, remodeling Mitra10 Batam merupakan komitmen berkelanjutan PT Catur Mitra Sejati Sentosa, entitas anak Catur Sentosa, dan pengelola Mitra10 untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, dan menjadi mitra masyarakat dalam merenovasi atau membangun rumah.
Baca juga: Pacu Dana Murah, BTN Proyeksi Transaksi Tabungan Bisnis Rp7 Triliun
Medya Ika Ayu, Promotion & Advertising Manager Mitra10 menambahkan, guna memeriahkan dan memanjakan pelanggan setia Mitra10, para pelanggan juga bisa menikmati berbagai promo menarik saat grand opening. Misalnya, promo tebus murah, promo registrasi keanggotaan Mitra10, diskon khusus kartu kredit bank tertentu hingga Crazy Price, merupakan promo diskon produk khusus grand opening, dan hadiah menarik tas belanja ramah lingkungan hingga logam mulia.
Para pelanggan Mitra10 dapat menikmati layanan terbaru, yakni jasa pemasangan atau instalasi pompa air, water heater, cat, wastafel, shower, shower column hingga shower screen. Bahkan untuk pembelian item dengan nilai tertentu bisa menikmati jasa instalasi gratis. Inovasi belanja kebutuhan sehari-hari, dan jasa instalasi merupakan bentuk kepedulian Mitra10 kepada para pelanggan untuk memudahkan memenuhi kebutuhan produk berkualitas dengan mudah.
Baca juga: Tektokan, Preskom dan Presdir Borong 3,55 Juta Saham AKR Corporindo Rp3,2 Miliar
Nah, untuk kemudahan berbelanja, produk Mitra10 saat ini juga dapat diperoleh secara online melalui www.mitra10.com, dan platform Digiretail dengan Whatsapp Business pada nomor +62 87800021010. Itu dimungkinkan karena layanan digital Mitra10 berkonsep Omnichannel atau terdiri dari beberapa platform saling terintegrasi.
PT Catur Sentosa Adiprana, pemilik jaringan distribusi bahan bangunan, kimia, FMCG, Ritel Modern Bahan Bangunan & home improvement Mitra10, dan home furnishing Atria. Tahun ini, Catur Sentosa mengalokasikan 80 persen dari total belanja modal alias Capital Expenditure (Capex) Rp600 miliar untuk pengembangan sektor ritel modern alias Mitra10 dan Atria. Lalu, sisa 20 persen untuk segmen distribusi.
Baca juga: Tawarkan Obligasi Rp800 Miliar, Besok Krakatau Steel Minta Restu Investor
Catur Sentosa meyakini penerapan strategi ekspansi agresif segmen ritel akan berdampak positif pada kinerja secara konsolidasi, terutama perbaikan margin, dan persentase pertumbuhan. Pada kuartal pertama 2022, pendapatan secara konsolidasi tumbuh 12 persen menjadi Rp3,93 triliun dari periode sama tahun lalu Rp3,51 triliun. Segmen ritel tumbuh 16 persen.
Segmen ini, merupakan motor pertumbuhan bagi perseroan karena mampu tumbuh konsisten dua digit, dan memiliki margin lebih besar ketimbang segmen distribusi. Kontribusi segmen ritel terus meningkat 37 persen dari pendapatan konsolidasi, segmen distribusi berkontribusi 63 persen. ”Kontribusi segmen ritel modern secara bertahap terus meningkat dari kisaran 20 persen pada 2009 hingga kini 2022 mencapai 37 persen,” ucap Idrus H. Widjajakusuma, Sekretaris Perusahaan Catur Sentosa Adiprana.
Baca juga: Perluas Jaringan Distribusi, Martina Berto Gandeng Dos Ni Roha
Peningkatan kontribusi sektor ritel atas sektor distribusi akan memberikan perbaikan margin laba bersih secara konsolidasi, dan tingkat pertumbuhan lebih tinggi. Itu mengingat besarnya potensi ritel modern bahan bangunan, dan home improvement di Indonesia. Kinerja solidnya pendapatan membuat bottom line membukukan pencapaian positif. Laba bersih tumbuh 25 persen menjadi Rp79 miliar dibanding posisi sama 2021 sejumlah Rp63 miliar. Peningkatan itu setara pertumbuhan net margin dari 1,81 persen menjadi 2,02 persen pada 2022. (abg)