indoposnews.co.id – Spotgue, startup teknologi lokal berkolaborasi dengan Living World Alam Sutera dan Mal Artha Gading. Usaha rintisan besutan sejumlah alumni Universitas Tarumanagara (Untar) didukung Microsoft for Startup Program, Asia Pacific itu, menghadirkan pengalaman Ngemal Cara Baru atau disebut sebagai Mall 4.0 Experience pertama Indonesia, dan dunia.
”Selama pandemi, justru kami gunakan untuk berefleksi, bagaimana kami bisa meningkatkan pengalaman berbelanja para pengunjung di living world. Untuk itu, kami berkolaborasi dengan Spotgue, sehingga pengunjung bisa melihat ketersediaan parkir, reservasi restauran, bahkan mendapat rekomendasi untuk makan, dan berbelanja cukup lewat aplikasi,” tutur Jannywati Hartini, Direktur Living World Alam Sutera.
Baca juga: Astra Graphia Luncurkan Produk Baru Berteknologi Mutakhir
Warga Tangerang Selatan sudah 83 persen menjalani vaksinasi, sehingga bisa kembali nge-mall. Tentu tetap dengan kehati-hatian. ”Saya apresiasi penjagaan protokol kesehatan (prokes) di Living World Alam Sutera. Dan, saya ucapkan selamat atas penerapan teknologi digitalisasi 4.0 di Living World Alam Sutera,” timpal Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie.
Sebagai bentuk perkenalan aplikasi Spotgue kepada pengunjung Mal Living World Alam Sutera dan Mal Artha Gading, pihak Mal dan Spotgue mengadakan serangkaian even aktivasi bertajuk Love Nature & Love Animal berlangsung 4, 5, 11, dan 12 Desember 2021. Pengunjung yang mendownload aplikasi Spotgue bisa mengadopsi aneka pilihan tanaman/hewan peliharaan. Di antaranya ada kaktus mini, ikan cupang, anak ayam, hamster hingga kura-kura brazil secara cuma-cuma.
Baca juga: Transformasi Digital Berbuah Manis, Kalbe Farma Gondol INDI 4.0 Awards 2021
”Kendati startup berbasis teknologi, lewat even ini kami ingin menghadirkan kembali kedekatan kepada alam, dan hewan kepada anak-anak, remaja maupun pengunjung segala umur yang hadir pada kedua mal apalagi setelah cukup lama berada di rumah selama PPKM. Total ada dua ribu tanaman dan hewan peliharaan kita bagikan pada rangkaian event ini,” jelas Gerry Hasang, Founder & CEO Spotgue.
Secara istimewa hajatan itu, dihadiri Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, dan Duta Besar dari tiga negara sahabat HE Nico Barito Dubes Seychelles untuk ASEAN, HE Belmiro José Malate Dubes Mozambique untuk RI, dan HE Zuhair Al Shun Dubes Palestina untuk RI. Acara kolaborasi antara Living World Alam Sutera, Spotgue, Ambassador & CEO Club, dan Living World Discus Contest itu, dihadiri tamu undangan, tenant, dan pengunjung setia mal Living World Alam Sutera.
Baca juga: Wanprestasi, Bank Milik Tomy Winata Eksekusi 60 Persen Saham Bukit Uluwatu
Spotgue, aplikasi berbasis seluler untuk ponsel Android dan iPhone dibangun di atas platform Azure Cloud, Microsoft yang memungkinkan pengunjung, tenant, dan pihak mal berinteraksi secara real time, dan terintegrasi. Pengunjung mal sangat dimudahkan untuk mengakses berbagai informasi, dan layanan dari setiap mal. Mulai informasi even mal, direktori mal, promo & katalog produk tenant, ketersediaan area parkir mobil, menandai posisi parkir, mendapatkan rekomendasi dari virtual assistant, hingga melakukan reservasi/waiting list restoran, dan salon favorit.
Pengguna juga bisa melakukan pemesanan makanan di resto secara contactless. Mengumpulkan surprise reward atau referral reward, dan melakukan percakapan pribadi dengan mal maupun tenant untuk meminta bantuan atau menyampaikan masukan. Saat bersamaan, diumumkan juga pemenang Kontes Ikan Discus bertajuk Living World Fish Festival diikuti 48 peserta dari kelompok pencinta ikan discus (non-komunitas) dengan hadiah utama Rp10 juta, dan berbagai hadiah menarik lain.
Baca juga: Ulur Pelunasan Kupon Sukuk USD500 Juta, Ini Pesan Garuda Indonesia
Terpilih sebagai grand champion, ikan discus dengan nomor tank 23 milik Haris F. Harahap asal Bandung. ”Saya ucapkan selamat kepada Living World Discus Contest, yang bisa dikatakan kompetisi ikan discus tingkat nasional,” puji Benyamin Davnie.
Secara terpisah Natalia Dwi Utari, Mall Development Manager Mal Artha Gading mengatakan melalui event Love Nature & Love Animal itu, sesuai tagline MAG Penuh Canda Penuh Warna, ingin memberikan sesuatu yang unik, dan berkesan kepada pengunjung setia MAG. ”Khususnya anak-anak untuk membawa keceriaan, dan warna dalam keseharian lewat tanaman atau hewan peliharaan bisa diadopsi untuk menjadi teman bermain, layaknya masa kecil dahulu,” tegas Natalia.
Baca juga: Mudahkan Nasabah Bayar Iuran Hunian, Bank BTN Sodorkan Aplikasi Cerdas
Pengunjung dan publik ingin mencoba merasakan pengalaman Ngemal Cara Baru 4.0 diundang untuk download aplikasi Spotgue dan berkunjung ke Mal Artha Gading dan Living World Alam Sutera. Pengunjung yang ingin adopsi tanaman atau hewan peliharaan dalam program Love Nature & Love Animal bisa berkunjung, dan mampir ke booth Spotgue di kedua mal pada 11 dan 12 Desember mendatang.
Selain Mal Artha Gading dan Living World Alam Sutera, segera menyusul pula Pacific Place Mall, salah satu mal premium di kawasan SCBD, Jakarta Selatan untuk menjadi Mall 4.0 akan launching pada Januari 2022. (abg)