indoposnews.co.id – Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10), entitas anak Catur Sentosa Adiprana (CSAP) berekspansi ke Serang, Banten. Itu ditunjukkan dengan meresmikan superstore Mitra10 ke-47. Gerai anyar itu, menempati lahan seluas 14 ribu m2 dengan luas bangunan 6.500 m2 di Jalan Raya Pandeglang, Kota Serang, Banten.
Mitra10 Serang menempati kawasan strategis. Menawarkan lebih dari 30 ribu item barang alias Stock Keeping Unit (SKU). Di mana, 80 persen dari SKU merupakan produk dalam negeri. Perseroan membagi SKU dalam 13 kategori (appliances/perlengkapan rumah tangga, kamar mandi, bahan bangunan, pintu dan jendela, elektrikal dan lampu, dinding dan lantai, perlengkapan rumah dan hobi, dapur, pipa dan aneka alat (tools)) dan ditata secara menarik di area penjualan seluas 3 ribu m2.
Kota Serang merupakan pilihan strategis, untuk memperkuat pasar ritel modern di ujung barat pulau Jawa. Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten terletak di antara daerah industri Cilegon, dan Ibu Kota Jakarta. Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Serang, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kota Serang tahun 2022 mencapai 4,71 persen. Angka itu, naik dibanding pencapaian tahun 2021 sebesar 3,8 persen. ”Apalagi, sektor properti berdasar data 2022 tercatat sebagai tiga besar sektor dengan kontribusi positif kepada Kota Serang, bahkan baru saja pemerintah memberi keringanan berupa pembebasan pajak bagi rumah di bawah Rp2 miliar. Stimulus itu makin mendongkrak pertumbuhan sektor properti,” tutur Andy Totong, Presiden Direktur Mitra10.
Baca juga: Beroperasi, Mitra10 Bintaro Jaya Patok Traffic 30 Ribu Warga Tangsel
Potensi pertumbuhan Kota Serang diperkuat akses transportasi publik mumpuni, seperti kereta rel listrik (KRL), dan akses jalan Tol Serang – Rangkasbitung. Kemudahan mobilitas itu, tentu dapat memperkuat pengembangan properti wilayah barat Provinsi Banten. Keberadaan Mitra10 sebagai peritel modern bidang bahan bangunan, dan home improvement dipercaya memberi dampak positif terhadap perekonomian setempat. Selain menyerap puluhan tenaga kerja lokal, juga berkontribusi positif terhadap sumber pendapatan asli daerah melalui pajak.
Tahun ini, Mitra10 sudah membuka 2 toko baru di Bintaro Jaya, dan Serang, Banten. Setelah itu, Kota Tasikmalaya akan menjadi tujuan ekspansi terakhir untuk menggenapkan target ekspansi 3 toko baru edisi 2023. Mitra10 merupakan ritel modern bahan bangunan dan home improvement terbesar Indonesia dengan 47 cabang tersebar di Jabodetabek, Serang, Cibarusah, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Semarang, Solo, Sidoarjo, Surabaya, Malang, Bali, Lampung, Palembang, Medan, Batam, Lombok, Makassar, Balikpapan, dan Pekanbaru.
Sejak awal pendirian, Mitra10 menyasar pemilik rumah/properti baik itu residensial maupun komersial (ruko, café, rukan dan apartemen) dengan menawarkan konsep one stop shopping. Selain itu, dengan desain layout barang tertata apik, dan suasana belanja aman dan nyaman, para pengunjung terbebas dari permainan harga. Sebagai ritel modern, Mitra10 sudah menerapkan kebijakan price integrity dengan mencantumkan harga pada tiap SKU.
Baca juga: Performa Gacor! Pengelola Mitra10 Siapkan Belanja Modal Rp1,3 Triliun
Erick Koswara, GM Marketing dan Komunikasi Mitra10 mengatakan, kini warga Serang dan sekitarnya bisa berbelanja aneka kebutuhan renovasi rumah hingga perlengkapan dan peralatan elektronik di satu tempat. Barang-barang yang ditawarkan juga sama dengan yang dipasarkan di seluruh jaringan Mitra10 Indonesia. So, warga Serang, Banten dan sekitarnya tidak perlu ke Jakarta untuk belanja kebutuhan produk terbaru cat, keramik, keran, genteng hingga TV.
Selain menjual brand-brand kenamaan dari principal, Mitra10 juga memiliki Private Brand yakni Zehn, Tidy, Sincere, Durafloor, Fiorano dan Ceramax, Durevole, Glucklich, Winst, Heatsafe, Aquamax. Dengan demikian konsumen memiliki beragam opsi merek, desain dan harga yang berkualitas tinggi. Mitra10 berupaya menjadi jejaring ritel modern bahan bangunan, dan perlengkapan rumah tangga terbaik di Indonesia. Dengan prinsip, “Murah, Lengkap, dan Nyaman” Mitra10 merupakan destinasi berbelanja bahan bangunan terdepan Indonesia.
”Khusus Mitra10 Serang, Banten kami memproyeksikan mampu menarik pengunjung hingga 10 ribu orang per bulan. Selama masa pembukaan, Mitra10 memiliki beragam promo menarik bagi para pengunjung seperti Crazy Price dengan garansi harga termurah, potongan diskon khusus member Mitra10, point rewards, merchant benefit, dan discount khusus bank tertentu bahkan cicilan 0 persen hingga 12 bulan,” tegasnya.
Baca juga: Tambah Modal, Pemilik Mitra10 Jajakan Right Issue 1,5 Miliar Eksemplar
Medya Ika Ayu, Manajer Promosi dan Advertising Mitra10 menambahkan, apabila pelanggan berhalangan datang ke toko offline, dapat mengakses serta mendapatkan produk-produk Mitra10 secara online. Mitra10 dalam penjualan online menggunakan konsep Omnichannel, sehingga memungkinkan pelanggan berbelanja dengan mudah di berbagai platform, baik Online maupun Offline. Mitra10 memberikan pengalaman berbelanja inovatif dengan akses 24/7 melalui platform digital termasuk website Mitra10.com, berbagai marketplace, dan melalui Whatsapp Business Chat pada jam operasional toko.
Mitra10.com merupakan supermarket bahan bangunan yang memberikan kenyamanan berbelanja kapan saja, dan di mana saja. Menyusul peresmian Mitra10 Serang, Banten, total superstore mencapai 47 toko. Menjelang akhir tahun, akan menambah 1 toko baru lagi di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat sehingga jumlah toko Mitra10 akan mencapai 48 toko.
Catur Sentosa, induk Mitra10 mengaku akan terus melakukan ekspansi jejaring ritel modern bahan bangunan & home improvement Mitra10. Bahkan untuk jangka menengah telah menetapkan target ekspansi memiliki 100 toko Mitra10 seluruh Indonesia. Untuk mendukung rencana ekspansi itu, medio 2023 perseroan telah merampungkan penerbitan saham baru alias right issue senilai Rp857 miliar.
Baca juga: Manjakan Pelanggan, Catur Sentosa Operasikan Mitra10 Kota Lampung
Berdasar rencana, seluruh dana hasil right issue untuk setoran modal bagi PT Catur Mitra Sejati Sentosa. Oleh Mitra10, dana itu untuk membeli aset berupa tanah, dan ekspansi 6 toko baru di Sumatera Utara, Jambi, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, dan Bali dengan total dana investasi Rp350 miliar. Catur Sentosa, pemilik 99,9 persen saham Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS), pengelola Mitra10 menyampaikan, strategi agresif ritel modern selain memperkuat pangsa pasar juga terbukti dapat meningkatkan kinerja, khususnya sebagai motor pertumbuhan.
Mitra10 telah tumbuh 8,7x lipat sejak 2009, dan sekarang menawarkan lebih dari 65 ribu SKU, menjadikan Mitra10 sebagai jaringan ritel modern terbesar untuk bahan bangunan, dan Home Improvement di Indonesia. Pertumbuhan itu, otomatis memperkuat komposisi pendapatan perseroan secara konsolidasi. Di mana Catur Sentosa sebelumnya antara segmen distribusi dengan segmen ritel modern memiliki proporsi 80 banding 20 persen dengan ritel modern. Dengan agresivitas ekspansi itu, kini komposisi 66 persen banding 34 persen.
Kondisi itu, berdampak pada peningkatan kinerja marjin secara konsolidasi, dan pada akhirnya meningkatkan kinerja laba perseroan. Medio 2023 pendapatan Catur Sentosa mencapai Rp7,8 triliun atau tumbuh 5 persen dibanding periode sama tahun lalu. Sedang segmen ritel berhasil membukukan pendapatan Rp2,9 triliun, tumbuh 7,7 persen dibanding periode sama tahun lalu. Angka itu, setara dengan kontribusi 34 persen terhadap total pendapatan konsolidasian perseroan. ”Kami percaya kinerja positif ini akan berlanjut hingga akhir 2023, dan mencapai target penjualan Rp16 triliun,” tukar Idrus H. Widjajakusuma, Corporate Secretary Catur Sentosa Adiprana. (abg)