Indoposonline.NET – Tingkat kepercayaan terhadap agen dan penyedia jasa travel di Indonesia masih positif. Hal tersebut berdasarkan survey Travelport dalam mengukur trust terhadap industri travel.
Survei tersebut juga mengungkapkan tiga faktor utama yang mempengaruhi kepercayaan para pengguna jasa travel di Indonesia, yaitu: Langkah-langkah keamanan dan perlindungan kesehatan terhadap COVID-19, transparansi harga, dan kredibilitas informasi.
Survei online ini mencakup 11.000 penguna jasa travel di 10 negara, termasuk 1000 responden di Indonesia, dan dilaksanakan oleh Edelman Data & Intelligence (DxI), yaitu lembaga riset dan analisis yang menjadi bagian dari Edelman, yang telah mempelajari tingkat kepercayaan selama lebih dari 20 tahun melalui Edelman Trust Barometer.
Baca juga : Nekat Mudik dengan Travel, ini Resikonya
Hasil survei ini menghadirkan bukti bahwa kepercayaan adalah faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian para pengguna jasa travel di Indonesia.
“67 persen pengguna jasa travel di Indonesia menunjukkan kepercayaan terhadap industri travel – jauh lebih tinggi dibandingkan hasil survei secara global,” ungkap Raymond Setokusumo, Presiden Direktur Galileo Indonesia Perdana, Official Partner Travelport di Indonesia melalui keterangan resminya Jumat (2/7).
Sejak pandemi COVID-19 berlangsung, lebih dari setengah (54%, dibandingkan 46% di tingkat global) pengguna jasa travel di Indonesia menyatakan bahwa mereka mengutamakan faktor kepercayaan dibandingkan faktor-faktor lainnya, saat memilih penyedia jasa travel lebih banyak dibandingkan responden di negara-negara lainnya yang termasuk dalam penelitian ini.
Baca juga : Traveloka Menggelar Pesta Diskon EPIC Sale 2021
Para pengguna jasa travel di Indonesia juga menyatakan bahwa faktor kepercayaan mendorong mereka untuk mempertimbangkan membeli beragam penawaran jasa travel lainnya (69%), menambah paket yang telah mereka beli (66%) dan membeli penawaran lainnya yang tidak terkait travel, seperti credit card (51%) – lebih banyak dibandingkan responden negara-negara lainnya.
“Hasil survei ini juga mengungkapkan sejumlah isu penting bagi para pengguna jasa travel. Oleh karena itu, industri travel harus menggunakan kepercayaan yang telah diberikan dengan berusaha menjawab kebutuhan-kebutuhan konsumen tersebut, dan mempercepat pemulihan industry,” katanya. (ash)
Baca juga : Kiat RedDoorz Jamin Keamanan dan Kenyamanan Traveler Saat Menginap