• Redaksi
Rabu, Juli 23, 2025
indoposnews.co.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Home
  • NEWS
    • Nasional
    • Politik
    • Nusantara
    • Hukum
    • Ibu Kota Negara
    • COVID-19 UPDATE
  • Ekonomi
    • Tekno
  • Olahraga
  • JABODETABEK
  • Gaya Hidup
    • Fashion
    • Beauty
    • Health & Fitness
    • Hunian
    • Jalan- Jalan
    • Kids
    • Kuliner
    • Pendidikan
    • Otomotif
  • HIBURAN
    • selebritis
    • Musik
    • Film
      • Review Film
    • Televisi
    • Mancanegara
    • Bollywood
    • K – pop
    • Budaya
  • Opini
  • Indeks
  • Home
  • NEWS
    • Nasional
    • Politik
    • Nusantara
    • Hukum
    • Ibu Kota Negara
    • COVID-19 UPDATE
  • Ekonomi
    • Tekno
  • Olahraga
  • JABODETABEK
  • Gaya Hidup
    • Fashion
    • Beauty
    • Health & Fitness
    • Hunian
    • Jalan- Jalan
    • Kids
    • Kuliner
    • Pendidikan
    • Otomotif
  • HIBURAN
    • selebritis
    • Musik
    • Film
      • Review Film
    • Televisi
    • Mancanegara
    • Bollywood
    • K – pop
    • Budaya
  • Opini
  • Indeks
No Result
View All Result
indoposnews.co.id
No Result
View All Result
Home Gaya hidup

Berikut Lima Fesyen Berkelanjutan 2021 yang Wajib Kamu Pahami

Sandy H by Sandy H
25 Mei 2021 12:42
Ilustrasi fesyen berkelanjutan

Ilustrasi fesyen berkelanjutan

Share on FacebookShare on Twitter

indoposonline.NET – Sebuah penelitian oleh McKinsey mengungkapkan 57 persen pembeli setuju mereka telah membuat perubahan signifikan pada gaya hidup mereka untuk mengurangi dampak lingkungan dan 15 persen konsumen berharap dapat membeli pakaian yang lebih ramah lingkungan dan sosial.

https://www.instagram.com/p/CPSPBs3nWzl/

Konsumen yang memiliki kesadaran fesyen keberlanjutan, akan terus mendorong merek dan bisnis untuk memproduksi pakaian yang lebih ramah lingkungan dan lebih bertanggung jawab di sepanjang tahun 2021.

Baca Juga

Yogia Sembiring, Pionir Buku Bilingual yang Tumbuh di Era Gempuran Digital

Nasgor King, Nasi Goreng Merah di Ajang Kualifikasi Piala Dunia Indonesia vs Bahrain

Anggota Komunitas Balad Melly Sabet Juara di Olimpiade Matematika Internasional di Thailand

Nila Purri Kenalkan Koleksi Eid Series 2025

“Merek dan bisnis yang dapat mengubah orientasi misi dan model bisnis ke arah yang lebih berkelanjutan akan menjangkau lebih banyak pelanggan daripada sebelumnya,” ujar Felix Soni, Head of Textiles, Zilingo Indonesia dalam rilis resminya pada Selasa.

Para pelaku bisnis fesyen juga dapat beralih ke cara yang lebih inovatif untuk mengurangi stok dan memasukkan kembali nilai sosial ke dalam produk mereka, seperti mempercepat lahirnya tren keberlanjutan.

Baca juga : Update ini Trend Fashion Era Pandemi

https://www.instagram.com/p/COrIcSpgtAA/

Departemen Komunikasi Zilingo Indonesia, telah mengumpulkan insight mengenai tren keberlanjutan untuk merek dan bisnis Indonesia yang perlu diperhatikan memasuki kuartal III 2021.

1. Konsumen lebih memilih pakaian kasual yang nyaman sebagai seragam “WFH”
Pandemi yang sedang berlangsung telah membuat masyarakat untuk tetap berada di rumah, minimnya bersosialisasi dan maraknya pertemuan virtual mulai membuat seragam “Bekerja Dari Rumah” yaitu pilihan pakaian yang nyaman namun tetap terlihat profesional di depan kamera untuk dipakai bekerja selama seminggu.

Pakaian seperti loungewear dengan warna atau pola yang sama atas dan bawah dapat digunakan dengan cara yang lebih fleksibel, dapat menjadi pakaian kerja namun tetap nyaman digunakan di rumah.

Maraknya pakaian berbahan dasar katun juga terlihat pada berbagai jenis pakaian, dikarenakan bahan ini dianggap paling nyaman untuk dipakai bekerja ataupun bersantai di rumah. Karenanya, merek dan bisnis perlu fokus menghasilkan koleksi kasual yang paling nyaman.

2. Merek mulai menarik minat konsumen melalui upcycling
Upcycling adalah tren yang terus berkembang dan merupakan salah satu hal paling berkelanjutan yang dapat dilakukan untuk produk fesyen. Dikarenakan upcycling memanfaatkan barang yang sudah ada, seringkali menggunakan sedikit sumber daya dalam pembuatannya dan benar-benar membuat barang ‘yang tidak diinginkan’ tidak menjadi limbah.

Daur ulang ini dapat meningkatkan kreativitas merek dalam membuat barang-barang unik, alih-alih membeli banyak pakaian berbeda untuk satu koleksi. Dengan membuat lemari pakaian kapsul dari koleksi sebelumnya, merek dan bisnis bisa mengkreasikan produk lama menjadi sesuatu yang baru.

Hasilnya, ini akan mengurangi limbah fesyen dan menciptakan produk limited edition yang dapat dibeli pelanggan.

Baca juga : Nona dan Noore Berkolaborasi Hadirkan Koleksi Athleisure Wear dengan Konsep 80-an

3. Konsumen lebih memilih merek lokal untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional
Berbelanja secara lokal dan mendukung komunitas lokal dari rumah adalah tren yang kemungkinan besar akan bertahan di tahun 2021 dan seterusnya. Perbatasan yang masih ditutup dan situasi yang sulit bagi bisnis lokal telah menyatukan masyarakat Indonesia untuk bahu membahu membantu masyarakat setempat.

Bisnis lokal juga dapat memanfaatkan strategi digital untuk terhubung dengan konsumen di berbagai kanal. Dikarenakan masyarakat Indonesia tetap di rumah dan meningkatnya konsumsi konten mereka di perangkat seluler dan komputer, penting bagi merek dan bisnis untuk mempertimbangkan bagaimana menjangkau konsumen di media sosial dan melalui iklan online.

4. Konsumen mengharapkan merek yang mereka dukung dapat bertanggung jawab secara sosial
Dampak sosial adalah salah satu area yang perlu diperbaiki merek dan bisnis Indonesia. Mereka harus lebih terbuka mengenai informasi pemasok mereka dan tindakan yang mereka ambil untuk memastikan kondisi kerja yang etis serta upah yang adil.

Para pelaku bisnis juga perlu lebih sadar akan dampak lingkungan di setiap tahap desain apalagi jika menyangkut industri fesyen yang sebagian besar dilakukan secara offline, ketika pandemi melanda banyak kegiatan sourcing harus dilakukan secara online seperti pencarian bahan baku, produksi, pengiriman, dan penyimpanan.

Pelaku bisnis perlu meminimalkan dampak terhadap lingkungan sekaligus membantu konsumen untuk melakukan hal yang sama.

5. Pelaku bisnis perlu menjunjung inklusivitas dan merangkul keragaman
Istilah keragaman dan inklusivitas telah digunakan selama bertahun-tahun dalam industri fesyen etis sebagai kepedulian terhadap keadilan lingkungan, ketidaksetaraan rasial, dan perampasan budaya akhirnya dibawa ke garis depan baik untuk pelaku bisnis maupun konsumen.

Para pelaku bisnis yang memasarkan produk mereka pada model yang terlihat berbeda dalam ukuran badan, warna kulit, usia, bentuk, kepribadian mendapatkan daya tarik lebih dari sebelumnya. Pemasaran visual juga memainkan peran penting dalam menggambarkan keragaman dari setiap bagian fesyen untuk dipilih konsumen sebelum mereka memutuskan untuk membeli. (mid)

https://www.youtube.com/watch?v=mgD4nDIsdJI

Tags: fashionfashionberkelanjutanindoposindoposonline

Berita Terkait

Yogia Sembiring, Pionir Buku Bilingual yang Tumbuh di Era Gempuran Digital
Gaya hidup

Yogia Sembiring, Pionir Buku Bilingual yang Tumbuh di Era Gempuran Digital

2025/06/09
foto Istimewa
Gaya hidup

Nasgor King, Nasi Goreng Merah di Ajang Kualifikasi Piala Dunia Indonesia vs Bahrain

2025/03/26
Muhammad Al Hafidz bersama sepuluh pemenang lainnya mendapat undangan khusus dari Wakil Presiden RI untuk menghadiri acara penyambutan di Istana Negara pada Jumat, 21 Maret 2025. (ist)
Gaya hidup

Anggota Komunitas Balad Melly Sabet Juara di Olimpiade Matematika Internasional di Thailand

2025/03/26
NILA PURRI dengan bangga mempersembahkan acara intim bertema "Retrouvailles". (foto/istimewa)
Beauty

Nila Purri Kenalkan Koleksi Eid Series 2025

2025/02/24
Puluhan Koleksi Ivan Gunawan Prive Pukau Penikmat Fashion
Fashion

Puluhan Koleksi Ivan Gunawan Prive Pukau Penikmat Fashion

2025/01/24
– Freshmag, resmi menggandeng brand ternama The Changcuters sebagai Brand Ambassador untuk menyuarakan gaya hidup modern. (ist)
Gaya hidup

Freshmag Kolaborasi dengan The Changcuters Atasi Fenomena Food Pleasure

2024/12/20

Populer

Simak! Ini Perbedaan kuliah Administrasi Perkantoran dan Administrasi Bisnis

Simak! Ini Perbedaan kuliah Administrasi Perkantoran dan Administrasi Bisnis

6 Januari 2022 15:59
Ade Jona Prasetyo

Sosok Ayah Inspirasi Ade Jona Prasetyo Raih Kesuksesan

25 Oktober 2021 13:24
Karnaval SCTV

Karnaval SCTV Digelar di Bogor, Catat Tanggal, dan Intip Para Bintangnya

15 Juli 2022 11:11
Lucy In The Sky

Kendalikan Lucy In The Sky, Ini Bisnis yang Digeluti Delta Wibawa Bersama

23 April 2022 13:27
Jumpa pers PT.HDI menyingkapi kasus hukum yang menimpa JE di kantor PT. HDI di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/7)I

Langgar Kode Etik, HDI Hentikan Keanggotaan JE

8 Juli 2022 19:10
istimewa

Dari Game Mobile Legend, Zeva Christian Buktikan Gen Z Bisa Hasilkan Cuan Miliaran

26 September 2023 16:27
Kertas Basuki Rachmat

Kejagung Sita Aset Kertas Basuki Rachmat Indonesia, Ini Penjelasan Manajemen 

22 Maret 2022 12:00
we Tv (Foto : ist)

WeTV Rilis Fitur Sewa Konten WeTV Original

30 April 2022 00:16
King Kevin, Sosok di Balik Suksesnya Planet Gadget yang Suka Bikin Konten Motivasi di Tiktok

King Kevin, Sosok di Balik Suksesnya Planet Gadget yang Suka Bikin Konten Motivasi di Tiktok

2 Desember 2022 15:06
Allo Bank

Gemar Transaksi, Ali Gunawan Koleksi 7,95 Juta Saham Bank Milik Chairul Tanjung

2 Februari 2022 18:27

Pilihan Redaksi

Jatuh Tempo, Provident Investasi Siap Lunasi Obligasi Rp455 Miliar

Jatuh Tempo, Provident Investasi Siap Lunasi Obligasi Rp455 Miliar

1 Januari 2025 09:27
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberi keterangan kepada wartawan di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/4/2022). ANTARA/Putu Indah Savitri/pri.

AHY Akan Temui Prabowo Subianto

24 Juni 2022 13:45
Buku Harian Seorang Istri

Dina dan Dewa Satu Kamar, Berikut Sinopsis Buku Harian Seorang Istri Kamis 17 Juni 2021

17 Juni 2021 16:51
CASH

Serok 20,34 Juta Saham Cashlez, Hasim Sutiono Gelontorkan Kocek Rp3,25 Miliar

1 September 2022 11:27
IHSG

Cukup Konfiden, IHSG Potensi Lanjut Menguat

26 Agustus 2021 08:43
Nicholas Sean Purnama

Berkas Laporan Penganiayaan yang Dilakukan Putra Basuki Tjahaja Purnama, Nicholas Sean Purnama Diproses

1 September 2021 16:40
Nominasi Festival Film Indonesia 2021 Selesai, Berikut Proses Penjuriannya

Nominasi Festival Film Indonesia 2021 Selesai, Berikut Proses Penjuriannya

10 Oktober 2021 21:45 - Updated on 11 Oktober 2021 09:26
Paten! Pengembang Kota Deltamas Obral Dividen Rp1,4 Triliun

Paten! Pengembang Kota Deltamas Obral Dividen Rp1,4 Triliun

29 April 2025 13:27
Poster film Pelangi Tanpa Warna

Keluar Zona Nyaman sebagai Zaenab, Maudy Koesnaedy: Ternyata Asyik

20 Januari 2022 22:28
Bank BTN

BTN Bersinergi dengan Santri Developer Kurangi Backlog Perumahan 

30 Januari 2022 07:27

About

indoposnews.co.id

“Berita Terbaru Indonesia”
Alamat :
Grand Slipi Tower, Lantai 9 Unit O, Jalan Jend. S. Parman Kav 22-24, Jakarta Barat, DKI Jakarta.
Telepon : 02174773761
Email : redaksiindoposnews@gmail.com

Follow us

Alamat : Grand Slipi Tower, Lantai 9 Unit O, Jalan Jend. S. Parman Kav 22-24, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Telepon : 02174773761 Email : redaksiindoposnews@gmail.com

No Result
View All Result
  • Home
  • NEWS
    • Nasional
    • Politik
    • Nusantara
    • Hukum
    • Ibu Kota Negara
    • COVID-19 UPDATE
  • Ekonomi
    • Tekno
  • Olahraga
  • JABODETABEK
  • Gaya Hidup
    • Fashion
    • Beauty
    • Health & Fitness
    • Hunian
    • Jalan- Jalan
    • Kids
    • Kuliner
    • Pendidikan
    • Otomotif
  • HIBURAN
    • selebritis
    • Musik
    • Film
      • Review Film
    • Televisi
    • Mancanegara
    • Bollywood
    • K – pop
    • Budaya
  • Opini
  • Indeks

Alamat : Grand Slipi Tower, Lantai 9 Unit O, Jalan Jend. S. Parman Kav 22-24, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Telepon : 02174773761 Email : redaksiindoposnews@gmail.com

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
indoposnews.co.idLogo Header Menu