Saipul Jamil
Saipul Jamil

KPI Ancam Televisi yang Berikan Panggung Saipul Jamil

indoposnews.co.id – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberi peringatan keras kepada sejumlah televisi untuk tidak menghadirkan artis Saipul Jamil sebagai bintang tamu. ini setelah aksi dua televisi swasta yang memberikan panggung kepada mantan narapidana kasus penyimpangan seksual. dua televisi yang terancam diberikan sanksi diantaranya TransTV lewat program Kopi Viral dan Trans7 yang menyiarkan acara BTS.

“Kalau benar muatannya itu (glorifikasi kebebasan Saipul Jamil), tentu dapat sanksi karena buat resah publik,” kata Nuning Rodiyah, Komisioner KPI, Senin (6/9/2021).
tayangan tersebut dinilai tidak memberikan edukasi yang bermanfaat bagi penonton khusus anak dan remaja. bahkan KPI memberikan surat edaran untuk menghimbau kepada televisi tidak memberikan panggung kepada Saipul Jamil.
Baca Juga :  Saipul Jamil Bebas
Berikut edaran tersebut

Salam hormat,
Menindaklanjuti respon negatif publik terkait pembebasan Saiful Jamil dan penayangan keterlibatan ybs di beberapa program TV, kami meminta kepada seluruh lembaga penyiaran untuk tidak melakukan amplifikasi dan glorifikasi (membesar-besarkan dengan mengulang dan membuat kesan merayakan) terhadap peristiwa dan yang bersangkutan. Kami berharap lembaga penyiaran memahami sensitivitas dan etika kepatutan publik terhadap kasus yg telah menimpanya dan tidak membuka kembali trauma korban.

Agar tidak terulang di kemudian hari, kami  berharap muatan-muatan terkait hal-hal seperti ini (penyimpangan seksual, prostitusi, narkoba, dan tindak melanggar hukum lainnya) yang dialami oleh artis atau publik figur bisa disampaikan secara berhati-hati dan diorientasikan kepada edukasi publik agar hal serupa tidak terulang serta sanksi hukum yg telah dijalani tidak dipersepsikan sebagai risiko biasa

Demikian, terima kasih atas kerja sama dan pengertiannya. (ash)

Baca Juga

Bioskop

Bioskop Dibuka, Berikut Deretan Film Yang Tayang di September

indoposnews.co.id – Jaringan bioskop sudah mendapatkan izin buka di beberapa kota di Indonesia. Momentum ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *