Indoposonline.net – PT MD Pictures (FILM) sepanjang kuartal pertama tahun ini mencatat penjualan Rp61 miliar. Tumbuh 107,7 persen dari periode sama 2020 di kisaran Rp29,4 miliar. Alhasil, laba bersih MD Pictures tercatat Rp17,3 miliar.
Kontributor utama pertumbuhan itu dari kategori film dengan kontribusi 90,7 persen dari total pendapatan, setara dengan nilai nominal Rp55,3 miliar. Melangit 196,4 persen dibanding angka pada setahun sebelumnya Rp18,7 miliar. Pendapatan kategori film meliputi pendapatan digital, cinema, dan televisi. Kontributor pendapatan lain terdiri dari sewa bangunan dan sewa peralatan shooting.
Baca juga: Di Bulan Puasa, Menperin : Mari Kita Belanja dan Konsumsi Produk Industri Dalam Negeri
Sebagai bagian dari pivot strategy MD Pictures, tercatat ada pertumbuhan pesat pada penjualan sektor digital 19,762,5 persen menjadi Rp51,04 miliar dibanding periode sama 2020 di kisaran Rp0,3 miliar. Penjualan digital berkontribusi 92,3 persen dari total penjualan film, dan 88,7 persen dari total penjualan.
Sejalan masa new normal karena pandemi, penjualan program televisi tumbuh dua kali lipat. Sedang penjualan film bioskop masih relatif rendah. ”Kinerja positif itu, hasil respons cepat FILM beradaptasi dengan pandemi Covid-19 melalui penerapan pivot strategy dengan masuk pasar dan bentuk konten hiburan baru. Tantangan itu menjadi peluang emas di masa cemas,” tutur Direktur Utama MD Pictures Manoj Punjabi.
Baca juga: Industri Pengolahan Dongkrak Nilai Ekspor Nasional
Pertumbuhan pesat pada penjualan itu, diiringi penurunan beban pokok penjualan 10,9 persen dibanding edisi sebelumnya menjadi Rp27,3 miliar. Lalu, menghasilkan laba bruto Rp33,7 miliar. Beban operasional turun 29,4 persen menjadi Rp17 miliar dibanding tahun sebelumnya Rp24,1 miliar.
Secara keseluruhan, pertumbuhan penjualan dan penurunan beban operasional memungkinkan MD Pictures secara drastis memperbaiki kinerja dari kerugian bersih Rp7,5 miliar setahun lalu, menjadi laba bersih Rp17,3 miliar kuartal pertama 2021. ”Perubahan strategi menjadi produsen hiburan online tidak hanya bertahan namun juga sukses meningkatkan kinerja secara drastis. Transformasi cepat dan menerapkan model pendapatan baru menghasilkan laba bersih jauh lebih tinggi pada kuartal I 2021,” tambah Manoj Punjabi.
Baca juga: Ini Loh Kelebihan IKEA Kota Baru Parahyangan, Intip Yuk!
Perseroan terus mengelola neraca keuangan secara sehat, dengan pertumbuhan aset 3 persen dibanding akhir tahun 2020, menjadi Rp1,4 triliun. Indonesia sedang mengalami revolusi digital. MD Pictures menjadi produsen dan distributor terkemuka untuk hiburan dalam bentuk digital baru.
Bekerja sama dengan Disney+Hotstar, WeTV dan Iflix, Viu, Netflix, Vidio, Migo, dan Telkomsel Maxstream. Selanjutnya, MD Pictures berencana terus menjadi pemimpin pasar dan memanfaatkan pertumbuhan pesat industri ini. (abg)