Indoposonline.NET – PT Amar Bank Indonesia (AMAR), sebagai perusahaan teknologi dengan lisensi perbankan dan bank digital murni pertama fokus pada pengembangan digital bank nasional, menyabet Corporate Excellence Award, kategori Financial Services Industry. Award itu, didapat perusahaan pada ajang bergengsi Asia Pacific Enterprise Awards (APEA) 2021.
Selain itu, Vishal Tulsian Presiden Direktur Amar Bank juga menerima Master Entrepreneur Award atas kegigihan dan ketekunan menumbuhkan, dan mengembangkan bisnis perusahaan. Di bawah kepemimpinan Vishal, Amar Bank sukses mengembangkan jumlah karyawan dari hanya 17 orang pada 2014 menjadi 1.100 orang pada 2021. Meningkatkan pendapatan bunga tumbuh 86,8 persen CAGR dari Rp15 miliar menjadi Rp650 miliar dalam tempo enam tahun, dan meraih total 22 penghargaan bergengsi sejak 2017.
Baca Juga: Awas, Penipuan Berkedok Investasi Catut Nama Saratoga Investama
Vishal juga memimpin pencapaian modal inti Amar Bank mencapai lebih dari Rp1 triliun per Juni 2019, dan naik kelas menjadi bank BUKU II. Amar Bank mencapai tingkat profitabilitas sangat baik hanya dalam dua tahun beroperasi. Hingga 2020, lebih dari Rp5 triliun pinjaman telah disalurkan kepada lebih dari 400 ribu nasabah (100 ribu di antaranya UMKM) melalui Tunaiku, merupakan aplikasi pinjaman digital milik Amar Bank.
Berkat Vishal pula, Amar Bank berhasil melakukan IPO pada Januari 2020, dan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan melepas 1,2 miliar saham. Vishal juga mendorong peluncuran Senyumku, bank digital berbasis cloud pertama di Indonesia berkolaborasi dengan Google. Senyumku didukung teknologi AI, dan data analytics ini untuk membantu masyarakat Indonesia mengembangkan kebiasaan menabung, dan menjaga kesehatan finansial.
Baca Juga: BUMN Klaster Pangan Siap Kawal PPKM Darurat
”Award itu, merupakan cerminan komitmen kami meningkatkan inklusi keuangan Indonesia, dan merevolusi pengalaman perbankan. Kami memulai perjalanan pada 2014 dengan keyakinan teknologi mampu meningkatkan kehidupan masyarakat, dan juga membangun model bisnis baru,” tegas Presiden Direktur Amar Bank, Vishal Tulsian.
Penghargaan itu debut Vishal, membuktikan membangun model bisnis sukses, memberikan dampak sosial positif adalah sesuatu yang dapat dilakukan. Penghargaan itu, pencapaian luar biasa. Namun, perlu diingat ini bukan pekerjaan satu orang, melainkan pekerjaan seluruh tim. Selanjutnya, terus bergerak dan bertumbuh menciptakan inovasi untuk meningkatkan akses, dan literasi keuangan seluruh masyarakat Indonesia. Itu sejalan dengan visi membuat 200 juta orang Indonesia tersenyum pada 2025. ”Jadi, sebagai perwakilan tim, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan (Amarites) atas ide-ide inspiratif dan terobosan luar biasa setiap hari,” tegasnya.
Baca Juga: Buruan Cek, Ini Jadwal Rights Issue Sarana Meditama Rp2 Triliun
Nah, di tengah penurunan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19, Amar Bank tetap menunjukkan komitmen dalam menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat kurang terlayani (underserved), dan tidak memiliki rekening (unbanked). Dengan teknologi AI unik, digital bank (Senyumku), dan pinjaman digital (Tunaiku) cerdas, Amar Bank berhasil menyederhanakan proses birokrasi perbankan guna menghadirkan layanan finansial lebih mudah, dan nyaman bagi nasabah.
Dengan Tunaiku, lebih dari 400 ribu nasabah, dan pelaku UKM seluruh Indonesia telah merasakan manfaat layanan keuangan. Melalui Tunaiku pula, Amar Bank telah menyalurkan lebih dari Rp5 triliun pinjaman kepada nasabah dengan tiga tujuan penggunaan utama, yaitu renovasi rumah, modal usaha, atau pendidikan (semua ini dikategorikan sebagai pinjaman produktif).
Baca Juga: BI Proyeksi 2022 Kredit Melangit 9 Persen
Amar Bank memprioritaskan talenta terbaik dengan menerapkan budaya kerja semi-startup mendorong karyawan selalu berusaha melampaui segala batasan dalam mengembangkan layanan perbankan terbaik. Amar Bank telah menerapkan serangkaian program pembelajaran progresif berbagai divisi untuk menciptakan tim yang data-driven, dan memprioritaskan nasabah. Upaya membawa kebaikan untuk masyarakat, nasabah, dan komunitas itu memperkuat posisi Amar Bank sehingga mampu memenangkan Corporate Excellence Award di APEA 2021.
APEA adalah program penghargaan kewirausahaan dilakukan secara tahunan. Ajang diluncurkan pada 2007 itu, untuk memberi penghargaan perusahaan, dan pelaku industri unggul di Asia Pasifik. Dalam menerapkan evaluasi adil dan independen, APEA menerapkan audit primer, sekunder, dan tersier ekstensif, dan dilakukan panel juri, dan pakar industri terhadap seluruh nominasi setiap kategori. (abg)